Baznas Harus Mampu Entaskan Kemiskinan


GROBOGAN – Pengurus BAZNAS Grobogan 2017-2022 yang baru saja dilantik Bupati Grobogan, Sri Sumarni di Pendapa Kabupaten, Rabu(11/4) diharapkan bisa meningkatkan kinerjanya untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Grobogan. Demikian diungkapkan Sri Sumarni usai melantik pengurus Basarnas.
Baznas diharapkan mampu memegang amanah sebagai pengumpul zakat pegawai di lingkungan pemerintah Kabupaten Grobogan. “Jika jumlah zakat semakin banyak, maka akan banyak membantu pengentasan kemiskinan. Kita tahu bahwasanya Grobogan merupakan zona merah. Ini akan sangat membantu program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan,” jelasnya.
Kedepan diharapkan tidak hanya menerima zakat dari pegawai negeri saja, namun pegawai swasta juga . “Perlu sosialisasi, duduk bersama agar swasta ikut serta di Baznas. Sehingga penyaluran zakat ini bisa meluas, tak hanya dalam bentuk bingkisan, namun bisa dengan pembangunan tempat tinggal layak huni,” tuturnya.
Diharapkan pengurus bisa bekerja dengan baik serta menyalurkan zakat tepat sasaran. “Jika pengurus bisa bekerja dengan baik, maka pembayar zakat akan percaya kepada lembaga. Sehingga jumlah pembayar zakat akan meningkat,” tambahnya.
Sekretaris Baznas Jawa Tengah, Drs Ahyani yang turut hadir dalam pelantikan dalam sambutannya mengungkapkan bagaimana sadar zakat bisa  tergugah dalam diri pegawai di lingkungan pemda. “Jika kesadaran membayar zakat tinggi, pastinya jumlah zakat yang terkumpul akan bertambah besar,” tuturnya.
Terkumpulnya zakat dalam jumlah cukup besar perlu adanya sistem pengelolaan yang baik pula. Hal ini akan menjadi tolak ukur kepercayaan pembayar zakat kepada lembaga pengumpul zakat. “Berkembangnya lembaga akan sangat bergantung kepada sistem pengelolaannya,” terangnya. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel