Gaji Minim,Guru Honorer "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa"


GROBOGAN – Kualitas pendidikan tak lepas dari seorang pendidik. Guru honorer berperan besar dalam pendidikan di Indonesia. Namun kesejahteraannya  memang seakan tiada habisnya untuk dibahas. Sudah barang tentu, nasib guru honorer tidak seberuntung guru PNS yang tingkat kesejahteraannya relatif sudah sangat baik karena para guru honorer tidak menerima gaji sebesar guru PNS. 

Bahkan rata-rata guru honorer hanya menerima gaji sebesar 200 - 400 ribu saja untuk setiap bulannya. Padahal guru honorer memiliki tugas dan tanggungjawab yang sama dengan para guru PNS. Miris melihat angka besaran gaji yang bahkan sangat jauh dari UMR di daerah manapun di Indonesia. “Di sekolah saya ada sebanyak 7 pegawai honorer. Per bulan mereka mendapatkan gaji sebesar 300 ribu. Itu masih dibawah gaji seorang pembantu rumah tangga. Besarnya gaji tersebut  berasal dari 15 persen dari dana BOS yang kami terima,” jelas Tri Anubawa Santosa, Kepala Sekolah SD Negeri 1 Karanganyar.


Menurutnya, walaupun dengan gaji yang sangat minim, namun proses belajar mengajar di sekolahnya tetap berjalan sebagaimana mestinya. Para guru honorer tetap melakukan kewajibannya sebagai pengajar yang mencerdaskan generasi bangsa. “Saya sebagai kepala kadang kasihan dengan para guru honorer yang juga harus menghidupi keluarga mereka. Apa gaji mereka cukup,” keluhnya.
Nasib guru honorer, menurutnya kurang diperhatikan oleh pemerintah. Pekerjaan mereka sama dengan guru PNS, namun honor mereka jauh dari layak. Untuk itu, diharapkan agar pemerintah memerhatikan nasib guru honorer, setidaknya ada upah minimum bagi mereka.

Sangat mudah menemukan fakta bahwa di satu sekolah guru PNS dan honorer memiliki beban sama, namun pendapatan yang diterima jauh berbeda. Hal ini yang menjadikan guru PNS terkadang merasa “berdosa” dengan rekan sejawatnya. “Kalau saya pribadi, ingin semua guru honorer menjadi PNS. Bagaimana kualitas pendidikan bisa meningkat jika kesejahteraan guru saja tidak diperhatikan,” harapnya. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel