Perhutani: Manfaatkan Android untuk Dukung Kinerja Lapangan


GROBOGAN - Kemajuan teknologi yang ada dimanfaatkan oleh Perum Perhutani KPH Purwodadi untuk mendukung pelaksanaan kegiatan di lapangan. Sebanyak 24 orang karyawan Perum Perhutani yang terdiri dari mandor tanam dan staf tata usaha dari Delapan  Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) yang ada di Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Purwodadi pada tanggal 2 Mei 2017 di aula KPH Purwodadi dilatih untuk menggunakan aplikasi open kamera dengan memakai handpone android.

Disampaikan oleh Administratur /KKPH Purwodadi Dewanto, S.Hut melaui Dwi Anggoro Kasih, S.Hut Kepala Seksi Pengelolaan Sumber Daya Hutan dan Lingkungan bahwa aplikasi open kamera ini sangat penting bagi kegiatan di lapangan, mandor tanam dan staf tata usaha sengaja dilatih sehingga mereka mampu mengoperasikan aplikasi dengan baik dari alat komunikasi. “Dengan adanya pelatihan aplikasi open kamera, hasil yang didapatkan yaitu kita akan tahu kondisi obyek di lapangan, titik koordinat maupun waktu pengambilan gambar, sehingga ada bukti otentik dan memudahkan dalam pembuatan laporan” tutur Dwi Anggoro.

Dipandu oleh Soeharsa, Kepala Sub Seksi Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) KPH Purwodadi, para peserta diajari cara menggunakan aplikasi tersebut, dari download aplikasi, pengaturan sampai cara pengambilan gambar.

Ditambahkan oleh Soeharsa, bahwa penggunaan aplikasi ini juga digunakan untuk melengkapi data Calon Petani Calon Lokasi (CPCL)  dalam rangka mendukung program pemerintah yaitu keluasan tanaman jagung yang berasal dari lokasi tanaman tumpangsari yang berada di Kawasan Hutan Perhutani KPH Purwodadi.(RE)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel