Nasi Jagung Sayur Lompong, Kuliner Khas Grobogan yang Perlu Dicoba


GROBOGAN- Sebagai salah satu daerah produsen jagung terbesar di Jawa Tengah, membuat kabupaten Grobogan terus berinovasi menciptakan berbagai olahan dari jagung. Di pasaran, banyak kita jumpai berbagai macam olahan, seperti marning, emping hingga dodol berbahan jagung. Dari beberapa olahan tersebut, ada kuliner berbahan jagung yang patut dicoba saat berkunjung ke kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah ini, Nasi jagung dan sayur lompong.

Selama ini, Swike lah yang sudah terkenal sebagai ciri khas kuliner Kabupaten Grobogan. Nasi jagung dan sayur lompong belum begitu familiar. Di era tahun tahun 80an, nasi jagung merupakan salah satu makanan pokok warga Kabupaten Grobogan. Baru di tahun 90an, nasi jagung mulai ditinggalkan, karena terlalu ribet dalam penyajiannya. “Memang dulu waktu saya kecil, orang tua saya masih sering masak nasi jagung. Kalau sekarang masak nasi  tinggal pakai rice cooker ,” tutur Ariyanto, warga Wirosari.

Hal inilah yang dilirik beberapa penjual nasi jagung untuk membuka usaha tersebut. Sehingga saat ini warung nasi jagung cukup menjamur. Di beberapa sudut kota bisa kita temukan beberapa warung yang menyajikan menu andalan nasi jagung dan sayur lompong. “Sekarang gak perlu susah memasaknya. Di beberapa warung sudah ada yang menjual,” tutur Ariyanto yang suka nasi jagung dan sayur lompong ini.

Menu  sayur lompong yang berbahan dasar  dari batang lompong dipotong kurang lebih 5 sentimeter panjangnya, dimasak dengan bumbu bobor, disajikan dengan “lemi”,
yaitu telur yuyu yang dioseng . Selain itu, biasanya penjual juga menawarkan botok yuyu, dibuat dari yuyu sawah atau pinggir kali yang ditumbuk halus dan  diberi bumbu botok kemudian dimasak. “Kalau yang gak suka sayur lompong biasanya minta gudangan,” tutur Lasmi, salah seorang penjual nasi jagung di Hutan Kota Purwodadi.

Jika ingin merasakan sensasi yang berbeda, ada beberapa penjual yang menyediakan nasi jagung goreng. Rasanya yang berbeda dengan nasi goreng pada umumnya, membuat penikmat kuliner ini akan merasa ketagihan jika menikmatinya. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel