Tiga Rumah di Pulokulon Ludes Dilalap Si Jago Merah


PULOKULON- Empat mobil pemadam kebakaran tak mampu menjinakkan si jago merah yang menghanguskan tiga buah rumah milik Widiyanto(40),  warga Dusun Jetis, Desa Sidorejo, Kecamatan Pulokulon, Sabtu (17/6/2017) sekitar pukul 16.00 WIB. Kencangnya tiupan angin dan jarak kantor pemadam kebakaran yang cukup jauh dari lokasi membuat petugas tidak bisa berbuat banyak. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun kerugian mencapai ratusan juta rupiah.
Menurut informasi yang dihimpun Grobogan Today,  api muncul dari rumah bagian belakang, yakni arah dapur. Kasak-kusuk yang beredar, api berasal dari dapur karena pemilik rumah sedang merebus air. “Secara pasti dari mana belum tahu, namun beberapa warga melihat api  mulai terlihat dari rumah bagian belakang,” tutur Mustain(35), warga setempat.
Menurutnya, warga sekitar sudah berusaha untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun karena tiupan angin yang cukup kencang, serta sumber air yang cukup jauh dari rumah korban, membuat warga kesulitan melakukan pemadaman api. “Warga sudah sekuat tenaga memadamkan api, namun api dengan cepat menghabiskan seluruh rumah,” tuturnya.
Empat unit mobil Damkar diterjunkan di lokasi tidak mampu berbuat banyak. Jarak yang cukup jauh dari lokasi, membuat api terlanjur melalap  tiga rumah milik korban. “Saat kita sampai, api sudah menghabiskan seluruh isi rumah,” tutur Sutrisno, Kasi Damkar Grobogan.Menurutnya, dugaan sementara, api berasal dari korsleting listrik.
Karena saat kejadian, rumah dalam keadaan kosong ditinggalkan penghuninya. Akibat dari kebakaran ini, korban menderita kerugian ratusan juta rupiah. “Dugaan sementara api berasal dari korsleting. Penyebab pastinya masih dalam penyelidikan petugas kepolisian,” terangnya.
Ia menghimbau kepada warga agar lebih berhati-hati saat meninggalkan rumah. Agar selalu berhati-hati saat akan berpergian meninggalkan rumah, dan pastikan untuk mengecek dapur apakah api bekas memasak sudah dimatikan atau belum. Selain Itu juga perhatikan rangkaian jaringan listrik dirumah, karena penyebab yang sering ditemui ketika terjadi kebakaran rumah, ialah akibat konsleting aliran listrik yang tidak beraturan.
"Warga harus bisa mewaspadai kemungkinan terjadinya korsleting listrik, yang rentan menimbulkan bencana kebakaraan. Jadi listrik dirumah harus benar-benar diperhatikan, untuk menghindari timbulnya percikan api, yang bisa berakibat fatal. Jadi kita harus sama-sama menjaga lingkungan sekitar, apabila ada api yang berpotensi membesar segera hubungi kita," pintanya. (iya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel