Tanamkan Cinta Tanah Air Sejak Dini


BRATI- Menanamkan rasa cinta tanah air harus dilakukan sejak dini. Memanfaatkan libur sekolah, 25 siswa sekolah dasar diberi edukasi kecintaan pada negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Jumat (7/7/2017) oleh anggota TNI. Pendidikan dilakukan dengan cara melakukan pengenalan berbagai kesatuan, dilakukan dengan memanfaatkan pos komando taktis TMMD reguler ke 99 ts 2017 di Dukuh Lembono, Desa Karangsari, Kecamatan Brati. Pelatihan dilakukan berdasarkan kelompok usia. Dimana, siswa sekolah dasar yang dilatih Serka Martoyo, dari Koramil Brati. Sedang, siswa SMK yang tergabung dalam Kuwaran yang tergabung dalam kegiatan TMMD, dilatih oleh Serda Yoto.

"Melalui pendidikan kita tanamkan kecintaan terhadap negara sejak dini. Dengan pertemuan tatap muka,  diharapkan terbangun generasi yang handal dan siap menjaga keutuhan NKRI," harap Dandim 0717 Purwodadi, Letkol Arh Jan Pieter Gurning.

Menurutnya, untuk menanamkan rasa cinta tanah air memerlukan beberapa trik. Diantaranya melalui permainan dan lagu, diharapkan juga terjalin komunikasi sosial (komsos) yang akan membuat anak lebih mengenal TNI Angkatan Darat.
"Selain kesatuan AD, kita juga mengenalkan kesatuan angkatan bersenjata melalui media gambar alkap (alat kelengkapan) seperti tank, helikopter, pesawat udara, mobil patroli Lalulintas, kapal laut pengangkut pasukan, hercules," urainya.

Anak-anak terlihat sangat senang saat mereka disuruh bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan. Mereka pun bangga karena baru pertama kalinya dilatih oleh anggota TNI. "Saya seneng, dikenalkan apa itu pak tentara dan kendaraan yang dimiliki. Ada tank, ada kapal da pesawat. Aku ingin jadi seperti mereka. Bisa menjaga Indonesia," aku Ferdi, siswa SD yang ikut kegiatan.(iya)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel