PMI Siapkan 600 Ribu Liter Untuk Bantu Kekeringan


GROBOGAN-Guna mengurangi beban warga yang mengalami kesulitan air bersih, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Grobogan, telah menyalurkan air bersih ke warga Desa Geyer Kecamatan Geyer dan Desa Plosoharjo, Kecamatan Toroh, kemarin. Penyaluran yang melibatkan relawan ini dilakukan dengan truk tangki milik Palang Merah Indonesia Provinsi Jawa Tengah.

Gesit Kristyawan, Staf Pelayanan Yansoskesmas dan Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Grobogan mengatakan, penyaluran air bersih itu dilakukan karena warga di beberapa Kecamatan mengalami krisis air bersih, seperti di Kecamatan Geyer ini.  Untuk tahap pertama, pihaknya mengaku telah siap menyalurkan air bersih ke warga sejumlah 600 ribu liter.  

"Musim kemarau yang panjang ini, berdampak pada krisis air bersih di beberapa wilayah di Kabupaten Grobogan. Karena itulah, kami sengaja melakukan aksi sosial ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap warga sekitar," katanya.

Ditambahkan , penyaluran air bersih dengan tangki bermuatan 6 ribu liter ini bisa mencukupi sekitar 50 kk."Untuk tahap selanjutnya penyaluran air bersih akan menyasar dibeberapa desa lainnya yang mengalami krisis air dengan skala prioritas," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua RT Dusun Wonorejo, Desa Geyer mengatakan, wilayahnya terlanda krisis air bersih sekitar satu bulan yang lalu. Saat ini warga di wilayahnya kesulitan air untuk kebutuhan sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhan air setiap harinya, warga menggunakan air bersih dari sumur.
"Namun akhir-akhir ini air yang berasal dari sumur sudah mulai mengering. Jadi warga harus membeli air untuk memenuhi kebutuhan setiap hari,” ungkapnya.
Pengakuan yang sama diutarakan Harmini, warga Desa Plosohajo Kecamatan Toroh, musim kemarau yang sudah melanda desanya membuat sumur-sumur warga mulai mengering. Ini diperparah dengan konsumsi air yang cukup tinggi bagi warga yang memiliki hewan piaraan, seperti sapi dan kambing. “Kalau punya ternak sapi, pastinya kebutuhan air makin tambah,” akunya.
Ia sangat berterima kasih dengan pihak PMI yang telah membantu air bersih di desanya. “Dengan bantuan penyaluran air bersih dari PMI Kabupaten Grobogan sangat membantu sekali untuk warga kami memenuhi kebutuhan air bersih, untuk itu terima kasih kepada PMI atas bantuan dan kepeduliannya," tuturnya.(iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel