Rotasi Jabatan Esselon III dan IV Dinilai Mendadak


PURWODADI-Sebanyak 298 pejabat dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Grobogan, Sri Sumarni di pendopo kabupaten, Senin(1/8).  Hal ini sebagai upaya  penyegaran dan dalam rangka menambah hasanah penugasan, jabatan Administrator dan Pengawas (Eselon III dan IV) serta Kepala Sekolah. “ Paling banyak dinas pendidikan, yakni 233. Ini ada yang bersifat promosi maupun rotasi jabatan. Dilakukan semata-mata karena kebutuhan organisasi, yakni menunjang pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, serta menambah wawasan dan pengalaman bagi PNS yang bersangkutan,” ungkap Bupati.

Penataaan jabatan pada hari ini, banyak mengisi posisi yang sangat strategis, seperti : Camat, Kepala Bagian, Sekretaris Badan-Dinas, Kepala Bidang dan Kepala Sekolah; dimana jenis tugasnya tidak sekedar administrasi belaka, tetapi membutuhkan langkah-langkah dan terobosan yang riil dan cepat karena menyangkut pelayanan mendasar bagi masyarakat luas. Pandanglah tugas tersebut sebagai amanah yang harus dilaksanakan secara jujur, disiplin dan penuh tanggung jawab,” tambahnya.

Sri Sumarni mengingatkan, banyak permasalahan yang harus segera dituntaskan,ditengah berbagai keterbatasan sumber daya dan dana, sementara tuntutan dan aspirasi dari masyarakat terus berkembang sangat dinamis. “Maka  dituntut untuk terus berfikir dan bekerja keras, berinovasi, tidak boleh mudah mengeluh dan bermalas-malasan. Kerja...kerja dan kerja untuk melayani masyarakat,” tegasnya.

Ia meminta, semua pejabat dalam level apapun,  untuk memahami peta permasalahan dan potensi dari tugas masing-masing. “Laksanakan program-program dan kegiatan yang  strategis, urgen, dan bermanfaat langsung pada masyarakat, meskipundengan biaya dan sumberdaya yang terbatas,” tuturnya.

Khusus bagi Kepala Sekolah, Bupati menyampaikan,bahwa tugasnya  berkaitan dengan pondasi masa depan bangsa. Maka harus memahami betul-betul filosofi, substansi dan teknis penerapan Kurikulum yang berlaku, serta mersiapkan komponen-komponen dan tahapan penerapannya, serta dilaksanakan secara baik dan benar bersama. “Kualitas disini tidak hanya mahir secara ilmu pengetahuan, tetapi benar-benar memiliki kemampuan holistik antara ilmu, ketrampilan, daya fikir, kreativitas, serta sikap mental dan perilaku yang sosial religius, dan selalu berkeinginan untuk mengembangkan diri,” harapnya.
Bupati juga meminta kepadaseluruh Kepala OPD untuk bisa meningkatkan kinerja dan disiplin. “Tingkatkan efektivitas dan efisiensi sumberdaya organisasi, raih prestasi dan terus berinovasi untuk membangaun Kabupaten Grobogan yang tercinta ini,” pungkasnya.

Pelantikan ini bisa dibilang mendadak dan cukup mengejutkan beberapa pihak. Karena sebelumnya tidak ada desas-desus bakal ada pergeseran jabatan itu.(iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel