Pembuangan Sampah Sembarangan Harus Segera Ditangani


GROBOGAN – Permasalahan sampah perlu perhatian serius dari dinas terkait. Tumpukan sampah di pinggir jalan raya seperti hal yang wajar saat ini. Di beberapa titik di ruas jalan raya meruju arah Semarang, Pati, Boyolali, Solo dan beberapa  jalan kabupaten terlihat onggokan sampah yang dibiarkan begitu saja. Tak hanya di pinggir jalan, sungai pun menjadi salah satu tempat pembuangan sampah, seperti di Desa Ngraji, Kecamatan Purwodadi. “Beberapa pedagang pasar nekat membuang sampah ke sungai kok,” tutur salah seorang warga yang enggan menyebutkan namanya.
Sejumlah pihak meminta agar Pemkab Grobogan menaruh perhatian serius pada masalan penanganan sampah. Salah satunya, dengan membuat tempat penampungan sampah sementara (TPSS) atau menyediakan kontainer di sejumlah titik.Dengan membuat TPSS atau menyediakan kontainer memang menjadi salah satu solusi untuk menekan volume sampah. Sebab, sampah bisa terkumpul dalam satu titik sehingga mudah diangkut menuju tempat pembuangan akhir (TPA) sampah. “Kalau ada penampungan sampah kan gak mungkin sampai begini,” ujar Teguh, warga Purwodadi.
Adanya tumpukan sampah liar membuat pemandangan menjadi kurang sedap. Apalagi, saat musim hujan tiba. Ketika kena air hujan, bau menyengat dari sampah yang membusuk sering mengganggu kenyamanan pengendara. Jika musim kemarau seperti ini, banyak sampah plastik yang beterbangan di jalan raya. “Apa lagi kalau habis hujan, baunya sangat busuk sekali,” ujar Yuliyanto, warga yang sering melintasi jalan Danyang-Kuwu yang terdapat tumpukan sampah.
Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Grobogan Ahmadi Widodo saat dihubungi wartawan menyatakan, pembuatan TPSS memang dinilai cukup efektif mengatasi keberadaan tempat pembuangan sampah liar itu. “Saat ini sudah ada beberapa TPSS di beberapa titik. Namun belum menjangkau ke semua kecamatan. Memang penyediaan lahan ini seringkali jadi salah satu kendala, selain anggaran yang cukup besar pula,” jelasnya. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel