LCT Pramuka Uji Kecerdasan dan Kreatifitas


PURWODADI- Untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, kecerdasan dan kreatifitas dari anggota pramuka, Kwarcab 11 15 Grobogan gelar Lomba Cepat Tepat (LCT) Pramuka di SMK Negeri 1 Purwodadi, kemarin. Kegiatan ini diikuti oleh  19 Kwartir Ranting Gerakan Pramuka yang ada di Grobogan. Masing- masing perutusan terdiri dari satu regu putra dan satu regu putri  Golongan Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak. Demikian disampaikan oleh Icek Baskoro, Ketua Kwartir Cabang 11 15 Grobogan saat membuka kegiatan.


“LCT Pramuka ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik tentang Dasar Negara Pancasila, Undang-Undang Gerakan Pramuka, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia, Sejarah Gerakan Pramuka, Teknik Kepramukaan, Pengetahuan Umum dan Peristiwa aktual dalam dan luar negeri serta materi lainnya,” katanya.

Kegiatan LCT Pramuka dilaksanakan dalam dua babak yaitu penyisihan dimana masing-masing regu secara individu mengerjakan soal dan hasil nilai dari tiga orang peregu dijumlah dan dari hasil penjumlahan tersebut diambil nilai tiga besar untuk selanjutnya masuk babak final. Dalam babak final peserta menjawab terdiri dari soal wajib, lempar rebut dan rebutan, selain menjawab secara teori, peserta juga melaksanakan praktek sesuai pertanyaan yang dibacakan oleh dewan yuri.

Hasil kejuaraan LCT Pramuka untuk Golongan Siaga Putra diraih oleh Kwarran Purwodadi sebagai Juara I, disusul Kwarran Grobogan Juara II dan Brati Juara III. Juara I Siaga Putri juga diraih oleh Kwarran Purwodadi, Kwarran Pulokulon Juara II dan Kwarran Kedungjati pada posisi Juara III.

Sedangkan untuk Golongan Penggalang Putra Juara I diraih oleh Kwarran Tawangharjo, Juara II Kwarran Purwodadi dan Kwarran Tanggungharjo sebagai Juara III. Peserta Putri dari Kwarran Tawangharjo juga meraih sebagai Juara I, Juara II Kwarran Kedungjati dan Kwarran Wirosari Juara III.

Pada Golongan Penegak Putra maupun Putri Juara I diraih oleh utusan Kwarran Tawangharjo, Kwarran Purwodadi Putra dan Putri sebagai Juara II, sedangkan Juara III Penegak Putra diraih oleh Kontingen Kwarran Grobogan, Kwarran Kradenan berhasil menjadi Juara III untuk Golongan Penegak Putri.

Suyitno, Ketua Panitia Penyelenggara LCT Pramuka Kwarcab Grobogan, menjelaskan bahwa juara I masing-masing golongan baik putra maupun putri akan mewakili Kwarcab Grobogan pada LCT Pramuka Tingkat Binwil Semarang yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 11 Nopember 2017 di Grobogan. “Juara 1 akan mewakili Kwarcab Grobogan di tingkat binwil,” tegasnya. (iya)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel