Cegah Longsor, Banser Asemrudung Kerja Bhakti


GEYER, Grobogantoday.com- Agar longsor tak semakin parah, anggota Banser Desa Asemrudung, Kecamatan Geyer, Grobogan melakukan perbaikan sementara jalan kabupaten yang melintas di desa mereka, Minggu, (10/12) siang. Puluhan anggota Banser ikut terlibat dalam aksi ini.  Dengan suka rela, mereka bergotong royong memperbaiki longsor tersebut. “Semoga sumbangan tenaga dan material dari anggota banser ini  bisa bermanfaat untuk warga,” ungkap Ketua Ranting GP Ansor ranting Asemrudung, Santoso.

Santoso mengatakan, aksi tersebut berjalan secara spontanitas. Hal tersebut berdasarkan kesepakatan  saat melihat kerusakan jalan kabupaten tersebut tak segera ditangani. "Setelah melihat kondisi jalan yang semakin mengkhawatirkan, kita dengan spontan lakukan kegiatan ini. Kita tak mau menunggu lama, agar kerusakan segera teratasi dan tidak makin melebar. Jika ini dibiarkan, kasihan para pemakai jalan yang menggunakan jalan ini sebagai akses utama. Kalau sampai putus bagaimana?" terangnya.

Para anggota secara suka rela membawa peralatan yang dibutuhkan, mulai dari bambu hingga karung. Mereka bahu-membahu untuk mensukseskan kegiatan mereka. “Kalau yang punya bambu, membawa bambu. Kalau hanya bisa menyumbangkan tenaga, juga gak apa-apa,” lanjutnya.


Gerusan air di parit di seberang jalan tersebut membuat longsor semakin lebar dari hari ke hari. Mereka  pun mempersiapkan trucuk bambu dan karung berisi tanah untuk menahan agar longsor tidak semakin melebar. "Ini hanya bersifat sementara. Namun ini bisa sedikit menahan longsor tidak semakin parah. Kami berharap dinas terkait bisa turun tangan untuk melakukan tindakan agar longsor ini tidak semakin parah dan memutus akses jalan warga," ujar Satkorpok Banser Asemrudung Agus Winarto. (RE)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel