-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Desa Wisata Banjarejo Makin Ramai Dikunjungi

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Desa Wisata Banjarejo Makin Ramai Dikunjungi


GABUS,Grobogantoday.com- Desa wisata Banjarejo tak pernah sepi dari pengunjung. Ribuan pengunjung tiap bulannya selalu datang di wilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Blora ini. Tak hanya pelajar saja, beberapa komunitas hingga peneliti pernah singgah di Bumi Legenda Ajisaka ini. Tak hanya sekali, bahkan ada beberapa pengunjung yang datang hingga beberapa kali.

Seperti siswa-siswi SMP Negeri 2 Ngaringan ini. Walaupun mereka sudah pernah berkunjung, namun mereka tak pernah bosan. Wajah ceria dan rasa ingin tahu terpancar dari anak-anak usia belasan tahun ini. Sesekali mereka bertanya kepada pemandu, yang juga anggota komunitas peduli fosil yang menemani kunjungan tersebut. “Rasa ingin tahu anak-anak sangat luar biasa. Penanaman rasa cinta terhadap benda-benda cagar budaya harus ditanamkan pada mereka,” ungkap Budi Setyo Utomo,  salah satu anggota komunitas peduli fosil.



Sekitar 300 siswa  SMP Negeri 2 Ngaringan ikut dalam kunjungan ini. Keberadaan rumah fosil yang menampung fosil-fosil purbakala dari situs medang ini sangat membantu dalam memahami sejarah. "Ini sangat mendukung dan membantu siswa dalam mempelajari sejarah," kata Nur Hadi, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Ngaringan yang mendampingi siswanya berkunjung ke Desa Wisata Banjarejo, Selasa (19/12/2017).



Model pembelajaraan saat mengharuskan kontekstual dan harus menggunakan bukti atau fakta. Ternyata untuk pelajaran sejarah kebudayaan Indonesia ini salah satu buktinya ada di Rumah Fosil Banjarejo . "Keberadaan Rumah Fosil Banjarejo sangat berarti bagi dunia pendidikan sehingga harus dikembangkan," ujar Nur Hadi.

Adanya fosil-fosil hewan purba yang berusia jutaan tahun membuktikan di Banjarejo ini ada kehidupan pada masa pra sejarah. Juga adanya artefak yang ditemukan menunjukkan adanya kehidupan dan tentu ada manusianya."Ini sangat membanggakan, adanya penemuan ini terlebih kepada warga yang peduli untuk melestarikannya, sehingga siswa dapat kami ajak kesini untuk belajar," ungkapnya. (RE)



Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post