Semburan Kembali Terjadi di Pengeboran Minyak Gabus


GABUS,Grobogantoday.com- Semburan gas bercampur air dan minyak kembali terjadi di pengeboran minyak sumur tua Mbapo Desa Bendoharjo Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan,Senin(5/2/2018), sekitar  pukul 15.45 WIB. Kali ini terjadi pada sumur 22. Sampai saat ini, semburan tersebut belum bisa ditangani oleh PT KJB dari Jakarta yang merupakan Subkon ke PT Nureka yang memiliki kontrak kerjasama dengan Pemkab Grobogan untuk eksploitasi pengeboran minyak.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Grobogantoday.com, semburan gas ini tidak beracun. Menurut Nova, salah satu pengawas eksploitasi pengeboran minyak dari BUMD Purwa Aksara bahwa kebocoran tersebut disebabkan klep pipa yang tidak mampu menahan tekanan minyak bercampur air dan gas yang keluar. 

Para pekerja masih berupaya untuk menangani semburan tersebut. Pihak KJB dan Nureka masih menunggu klep pipa datang dari Jakarta untuk menangani semburan tersebut. 

Sebelumnya pada awal Agustus 2017 juga pernah terjadi semburan serupa di sumur 24, setelah sempat keluar minyak sebanyak 13.000 liter. Saat itu pengeboran dilakukan oleh PT. Regarda. Setelah semburan bisa ditutup, PT Regarda tidak melanjutkan kontrak kerja dengan PT Nureka dan aktifitas pengeboran sempat terhenti beberapa bulan.

Bulan Nopember 2017 kegiatan pengeboran kembali dilakukan. Kali ini pengeboran dilakukan  oleh PT KJB dari Jakarta. Pada awal Januari 2018 berhasil memproduksi minyak mentah sebanyak kurang lebih 20.000 liter. Sampai akhirnya terjadi semburan kembali.(RE)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel