Festival Parade Drum Band Meriahkan Hari Jadi Grobogan



PURWODADI, Grobogantoday.com- Memeriahkan hari Jadi Kabupaten Grobogan ke- 292, bertempat di depan Pendopo Kabupaten, Bupati beserta jajaran FKPD Grobogan melepas 24 peserta festival parade drum band, Minggu (4/2/2018). Festival parade drum band Bupati Cup II ini diikuti oleh perwakilan sekolah tingkat SD, SMP dan SMA se Kabupaten Grobogan.


Para peserta unjuk gigi di depan bupati dan jajarannya serta masyarakat yang ikut menyaksikan di berbagai sudut jalan protokol yang sudah ditentukan. Mereka harus bertahan di atas panas terik matahari dengan berjalan sambil memainkan alat musik masing-masing. Rute yang harus ditempuh para peserta yakni Jl. Gatot Subroto-Jl. Hayamwuruk-Jl Siswomiharja-Jl.R. Suprapto-Jl. S. Parman dan berakhir garis finish yakni di depan gedung DPRD.  Parade drumband ini dibuka secara langsung oleh Bupati Grobogan, Hj. Sri Sumarni dengan melepas grup drumband SD 4 Purwodadi. Dilanjutkan pelepasan peserta drumband oleh Kapolres Grobogan AKBP Satria Rizkiano, Ketua PN Purwodadi  Chryllia Endah, serta Ketua KONI Grobogan Faturrachman.


Selain menampilkan kelihaian  dalam memainkan drum band, beberapa peserta menampilkan atraksi lain, seperti gerakan tari singkat dan pertunjukkan berbagai kostum menarik seperti kostum batik carnival seperti yang dikenakan seorang peserta dari grup Gita Swara SMPN 2 Purwodadi. Terlihat juga kostum kebaya dan beskap layaknya putra dan putri kerajaan yang dibawakan sepasang peserta dari SDN 2 Plosorejo Tawangharjo. Yang paling unik terlihat dari pemeran pahlawan Nyi Ageng Serang lengkap dengan kudanya yang ditampilkan grup Tri Swara SMPN 3 Purwodadi.


Grup Nawangswara dari SMPN 1 Penawangan juga ikut memukau para penonton yang menyaksikan di Jl. S.Parman, tepatnya di depan Toko Lumayan. Ketika para peserta lainnya terus berfokus memainkan musik sambil berjalan menuju garis finish, grup Nawang Swara berhenti sejenak, sekitar 2 menit menghibur penonton dengan memainkan musik sambil bergerak ke kanan kiri.




Selain berkostum budaya, kostum lainnya juga ditampilkan peserta dari grup Cenderawasih yang dimainkan para pelajar MTs Al Islah Pulokulon. Mereka mengenakan seragam taruna polisi sambil memainkan atraksi mereka.

Keunikan dari masing-masing grup ini menyita perhatian masyarakat. Terutama para orang tua yang mengajak anak-anak mereka menonton di sepanjang jalan yang dilalui peserta. "Mumpung saya libur dan anak-anak juga libur, kami di sini ramai-ramai nonton. Bagus dan bisa menambah semangat anak-anak untuk berkreasi," kata Fitria, warga Purwodadi.

Meski peserta Parade Drumband Bupati Cup II ini sangat banyak. Namun, arus lalu lintas sepanjang rute yang dilalui tidak terlalu padat. Adanya kesigapan petugas di lapangan serta kerjasama masyarakat yang menonton, kegiatan ini berjalan lancar.(TYA/RE)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel