Wednesday, 21 March 2018

JMPPK Ajak Masyarakat Kendeng Jaga & Lestarikan Kawasan Karst



TAWANGHARJO, Grobogantoday.com- Potensi wisata bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penetapan kawasan lindung. Namun begitu, penetapan kawasan lindung yang melarang adanya aktifitas penambangan bergantung pada presiden. Demikian diungkapkan anggota tim Kajian Lingkungan Hidup Strategis dua Hartuti.

“Jika potensi wisata tersebut dikembangkan, maka akan mampu menaikkan perekonomian warga sekitar. Selain itu juga akan berpengaruh dengan penetapan kawasan lindung daerah tersebut,” kata praktisi lingkungan asal Semarang sebelum kegiatan nonton bersama film documenter Samin Vs Semen di Desa Kemadohbatur, Kecamatan Tawangharjo, Senin (19/3) malam.

Hartuti berharap masyarakat bisa menghijaukan kawasan karst, yakni dengan tanam pohon. Pasalnya saat ini kawasan karst menjadi incaran pembangunan pabrik semen, karena bahan bakunya ada di kawasan ini. Dengan begitu, dapat mempersempit celah pabrik semen untuk masuk.

Kegiatan ini juga untuk mengenang salah satu kartini kendeng,Patmi, yang meninggal saat melakukan aksi semen kaki di Jakarta tahun lalu. Sekitar 50 orang anggota Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK) mengikuti acara yang dimulai dengan melakukan perjalanan dengan berjalan kaki dari Kecamatan Kayen Kabupaten Pati menuju Monument Patmi. Kemudian perjalanan berlanjut menuju Dusun Widuri, Desa Kemadohbatur, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan.Setelah itu dilakukan aksi bersih-bersih mata air widuri dan aksi tanam pohon. Kegiatan ditutup dengan menonton bareng film Samin vs Semen.

“Kita ingin mengingatkan warga kendeng untuk menjaga dan melestarikan alam di sekitarnya. Dengan menjaga mata air, maka kita telah menjaga salah satu sumber kehidupan. Film ini memperlihatkan gambaran perjuangan dari sedulur sikep melawan perusakan alam yang dilakukan pabrik semen,” ujar Maria Wuwuh, aktifis JMPPK(RE)


0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com