Pisah Sambut, Yayasan Ice Group Ajak Orang Tua Bacakan Buku untuk Anaknya



PURWODADI,Grobogantoday.com- Cara berbeda dilakukan Yayasan Ice Group dalam melaksanakan acar pisah sambut siswa-siswanya. Selain menampilkan kebolehan para siswa, Yayasan yang menaungi TK Primadona Bangsa, KB Mutiara Bangsa dan TPA Mutiara Bunda  ini juga melaunching Gerakan Nasional Orang tua Membacakan Buku (GERNAS BAKU). Demikian diungkapkan Suci Kabiyanti, Ketua Yayasan Ice Group kepada Grobogantoday.com di sela-sela acara di Luwes Purwodadi, Sabtu(12/5/2018).

“Ini merupakan salah satu upaya  kami untuk menumbuhkembangkan minat budaya baca pada anak. Tak hanya menjadi tugas kami, tetapi  perlu mendapatkan dukungan dari masyarakat, terutama orang tua,” jelasnya.


“Ayah...Bunda... Bacakan aku buku. Baca buku membuat aku tahu. Ayah bunda bacakan aku buku. Baca buku membuat aku pintar.” Itulah sedikit petikan lagu Gerakan Nasional Orang tua Membacakan Buku yang dinyanyikan bersama-sama siswa, guru dan orang tua siswa yang hadir dalam acara.



Suci Kabiyanti  menjelaskan,  tujuan dari Gerakan Nasional Orang tua Membacakan Buku (GERNAS BAKU) adalah untuk menumbuhkan minat baca pada anak, meningkatkan kemampuan komunikasi, menyampaikan ide anak, meningkatkan jiwa imajinasi, daya pikir anak, mempererat hubungan sosial emosi orang tua dan anak serta meningkatkan rasa ingin tahu. “Dengan keterlibatan orangtua dalam membacakan buku, maka akan tercipta  pola asuh yang positif antara orang tua dan anak, yang juga sekaligus akan mendukung tumbuh kembang optimal anak,” jelasnya.


Menurutnya, Gernas Baku ini sangat penting guna menumbuhkan minat membaca pada anak yang jauh lebih penting daripada anak dapat cepat membaca. Membaca untuk anak usia dini adalah kegiatan menceritakan gambar dan mengucapkan huruf yang dilakukan orang dewasa bersama anak. “Jadi kita mulai dari usia dini, anak-anak Paud dan TK,” ungkapnya.


Dari apa yang telah ditampilkan oleh para siswanya dengan lucu dan menggemaskan, Suci mengaku sangat bangga dengan apa yang telah diraih oleh para anak didiknya itu. Selain menyanyi dan menari, terlihat para anak-anak didik membacakan hafalan beberapa ayat suci Alquran dengan lancar, dan suara yang lantang. Terlihat, anak-anak yang masih berumur belia juga mempunyai potensi besar dalam membaca ayat-ayat Alquran.

Suci menmbahkan, Tahun pelajaran 2018/ 2019 , di ICE berinovasi dengan program baru yaitu " bumble bee " baby class, yakni menerima siswa dari usia 4 bulan. “Selain itu ada program TPA terintegrasi dengan TPQ dan peogram IT untuk siswa TK,” tambah owner ICE Group yang beralamat di  Jalan Hayanwuruk Gang Purbakala 7 A Purwodadi ini.


Sementara itu,  Wiwin selaku wali murid  dari salah satu siswa menjelaskan bahwa putranya yang bernama Dimas Pungkastama sangat antusias sekali mengikuti acara pelepasan tersebut.“Dimas terlihat  begitu riang saat bernyanyi lagu Setinggi langit diatas panggung, pokoknya anak-anak lucu dan bikin gemes ketika tampil”, tambahnya.

Wiwin menambahkan, ia sangat berterimakasih kepada semua guru yang telah mendidik putranya. Berkat jerih payahnya, anak-anak  berani tampil di depan umum.“Semoga kedepannya pendidikan usia dini di Grobogan selaku dapat mendidik dan membetuk kepribadian serta karakter anak yang mandiri, percaya diri dan selalu mengedepankan norma- norma agama agar tercipta generasi bangsa yang unggul”, pungkasnya.(RE)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel