Siswa MAN 1 Grobogan Wakili Jateng di Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional


PURWODADI, Grobogantoday.com - Prestasi membanggakan berhasil diraih  Muhammad Alfi Musyarrof, siswa kelas XII MIPA 1 MAN 1 Grobogan. Ia berhasil menyabet juara 1 Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Jawa Tengah. Ia berhak mewakili Jawa Tengah dalam kejuaraan yang sama di tingkat nasional. 


Alfi yang tinggal bersama keluarganya di jalan Getas Pendowo RT 2 RW 12, Kuripan, Kecamatan Purwodadi ini merupakan pribadi yang mau belajar dari kegagalan. Walaupun sempat gagal di kejuaraan yang sama, ia pantang menyerah. Ia mempersiapkan diri sebagai peserta ajang tersebut jauh-jauh hari sebelum perlombaan. 

’’Saya sempat berpikir, mungkin kegagalan di perlombaan itu karena saya kurang persiapan. Akhirnya setelah mengkuti perlombaan pertama di Magelang, saya langsung mempersiapkan diri untuk perlombaan selanjutnya dan berhasil,’’ kata Alfi didampingi pembimbingnya, Muhamad Huda.

Dalam persiapan lomba tersebut, selain dibimbing gurunya, ia juga dibimbing oleh kakak kelasnya yang kini sudah menjadi alumni MAN 1 Grobogan. Mereka pernah mengikuti lomba serupa. Dua alumni tersebut, yakni Munbais Husni Zamzam dan Wulan Yulianingrum.


Berkat ketekunannya dalam belajar dan berlatih bersama para pembimbingnya, Alfi berhasil menjadi juara 1 KSM tingkat Provinsi pada 24-25 Juli 2018 lalu di Pemalang. Alfi meraih peringkat pertama dengan skor 43. Sementara pada posisi kedua hanya selisih 1 poin yakni, 42 dan di peringkat ketiga memiliki poin 41.


Alfi mengaku perlombaan yang dia ikuti kali ini berbeda dengan sebelumnya. Pada perlombaan di Pemalang itu, soal yang diberikan berbasis komputer (CBT). Sementara, pada tahun sebelumnya di Magelang masih dikerjakan secara manual.


“Dengan sistem CBT, hasil lomba tersebut dapat langsung diketahui peserta. Sebab, nilai akan langsung keluar setelah menyelesaikan lomba. Berbeda dengan sistem manual, peserta menunggu proses koreksi yang dilakukan panitia. Alhamdulillah, akhirnya saya berhasil memenangi kompetisi ini sebab, persaingannya sangat ketat,’’ katanya.


Keluar sebagai juara tingkat Provinsi Jawa Tengah, Alfi berhak mengikuti KSM tingkat Nasional mewakili Jateng. Rencananya, kompetisi itu akan diselenggarakan pada 24-29 September 2018 di Bengkulu. Kepala MAN 1 Grobogan Zulaikhah MT mengaku bangga dengan prestasi yang diraih anak didiknya ini. Zulaikah berharap Alfi dapat menjadi contoh bagi teman-teman dan adik-adik kelasnya. Pihaknya juga menyiapkan hadiah khusus bagi siswanya yang berprestasi. 


"Dengan masuknya siswa kami ke kejuaraan nasional mewakili Jawa Tengah, saya berharap bisa menjadi pemacu semangat teman-temannya yang lain agar bisa meraih prestasi," ungkapnya. (Pj) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel