Bau Tak Sedap, Warga Penganten Tutup Jalan Menuju Kandang Ayam




KLAMBU,Grobogantoday.com- Bau tak sedap dari kandang ayam milik Suwito membuat warga RT 2 RW 5 Dusun Keyongan Desa Penganten Kecamatan Klambu, Grobogan, geram. Warga melampiaskan kekesalannya dengan memblokir akses masuk menuju kandang, Jumat (7/9/18). “Selain tidak meminta ijin warga saat pendirian, jarak kandang dengan perkampungan sangat dekat. Sekitar 50 metersaja,” ungkap Taufik Nusantara Putra, warga setempat.


Menurutnya, pihaknya telah menyampaikan keberatan kepada pemerintah desa. Sehingga pada akhirnya warga  dan pemilik kandang dimediasi  di Balai Desa Penganten. “Waktu itu dimediasi tanggal 28 Juni lalu. Kita sepakat setelah panen kandang akan ditutup. Namun kenyataannya sampai saat ini masih beroperasi. Seolah mengacuhkan hasil mediasi di kantor desa,” ungkap Taufik.


Dari pantauan di lapangan, warga menutup akses jalan dengan menggunakan bambu di 5 titik. Bahkan, warga menggali jalan agar tak bisa dilewati kendaraan. Setidaknya ada 5 titik yang diblokir menggunakan palang bambu. Selain itu, warga juga menggali ujung jalan supaya tidak bisa dilalui kendaraan. “Jalan ini dulu adalah tanah milik warga. Warga rela tanahnya dibuat jalan, malah digunakan untuk lewat kendaraan pengangkut ternak,” ujar Taufik.


Warga berharap dinas terkait segera bisa membantu menyelesaikan permaslahan tersebut. “Harapan kami ternak ayam ini segera ditutup,” katanya.


Terpisah, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan, Riyanto, menjelaskan bahwa pihaknya tidak punya kewenangan dalam mengambil tindakan apapun. Beberapa dinas terkait akan dilibatkan dalam menyelesaikan masalah tersebut. “ Biasaya bersama Dinas PMPTSP(Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu),  Dinas PUPR, Satpol PP, pemerintah kecamatan, dan pemerintah Desa akan melakukan mediasi terkait masalah tersebut," jelasnya. (iya)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel