Calon Pekerja Migran Harus Bisa Beradaptasi di Lingkungan Baru



PURWODADI,Grobogantoday.com- Menjadi pekerja migran di luar negeri menjadi salah satu pilihan yang cukup diminati warga Kabupaten Grobogan. Pundi-pundi dolar yang dikumpulkan diharapkan bisa merubah dari kehidupan sebelumnya. Namun untuk mengadu nasib di negeri dengan bahasa dan kebudayaan yang berbeda, harus memiliki bekal yang cukup. Bertempat di salah satu hotel di Purwodadi, jajaran Satbinmas dan Sat Intelkam Polres Grobogan mengadakan penyuluhan kepada calon PMI (Pekerja Migran Indonesia), Rabu(26/09).

Dengan FGD (Focus Grup Discusion) yang dihadiri penyalur tenaga kerja serta  calon PMI ini diharapkan bisa memberi bekal  agar terhindar dari kasus kriminal.  Beberapa narasumber dihadirkan untuk memberikan pembekalan  kepada  puluhan calon PMI yang datang. “ Segala bentuk kejahatan bisa saja menimpa kita dimanapun kita berada. Dengan bekal yang cukup, kami berharap calon PMI bisa sukses disana,” kata Kasat Binmas Polres Grobogan AKP Bambang Uwarno.

Paur Humas Polres Grobogan Aiptu Teddy dihadapan calon PMI menyampaikan bahwa PMI adalah aset  bangsa yang menyumbang devisa negara cukup besar. Maka seorang calon PMI harus memiliki bekal yang cukup agar siap terjun di dunia yang berbeda. “Pastinya disana aturan, budaya dan bahasa juga berbeda. Maka harus beradaptasi,” jelasnya.

Teddy  menambahkan, penggunaan gadget secara bebas di negara Asia Timur juga harus diwaspadai oleh calon PMI.  Pengaruh radikalisme  bisa menjadi salah satu ancaman yang perlu dibentengi sejak dini.  “Jangan mudah  terpengaruh adanya informasi yang tersebar melalui media sosial maupun broadcast messege, perlu diperiksa dulu kebenarannya. Saya berpesan agar menjaga nama baik Bangasa Indonesia dimana pun berada,” tegasnya. (pj)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel