Warga di Grobogan Rela Antri Siang Malam Untuk Dapatkan Air Bersih


GEYER,Grobogantoday.com- Untuk mendapatkan air, warga Desa Karanganyar, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan rela mengantri siang dan malam untuk mendapatkan air bersih. Warga memanfaatkan  sumur  di sungai yang mengering untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. “Biasanya warga mengantri siang malam hanya untuk mendapatkan air bersih saja. Kadang sampai gak kebagian air, harus nunggu besoknya lagi,” ujar Wiyuda Pratama, warga Desa Karanganyar, Kamis(1/11/2018) kepada Grobogantoday.com.

Warga harus menempuh jarak hingga 5 kilometer untuk mendapatkan air bersih. Menurut Wiyuda, kondisi sumur  di pemukiman  yang sudah mengering memaksa warga untuk membuat sumur baru di daerah aliran sungai yang sudah mengering. “Warga secara swadaya membuat sumur sendiri. Banyak sumur yang  sudah dibuat. Namun jika sudah mengering, sumur itu ditinggalkan dan membuat sumur baru lagi,” ungkapnya.

Total ada 11 dusun di Desa Karanganyar yang mengalami kekurangan air bersih.  Warga desa yang kebanyakan memiliki hewan ternak, membuat kebutuhan akan air bersih semakin banyak. “Semua dusun kekurangan air bersih, yakni Dusun Karanganyar, Gadingan, Geneng, Dayu, Wani, Juruk,Ngancar,Bareng, Dalon, Dombambang dan Ngepak,” ujarnya.

Warga berharap, dinas terkait segera memberikan bantuan air bersih untuk mereka. Menurutnya, selama ini, mereka belum pernah mendapatkan bantuan air bersih dari pemerintah maupun swasta.”Tiap hari ya harus antri begini. Kami minta pemerintah membantu air bersih warga Desa Karanganyar sini,” ungkap Anik, warga Desa Karanganyar. (RE)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel