-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Temuan Arca di Segorogunung Petunjuk Adanya Peradaban Hindu di Masa Lalu

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Temuan Arca di Segorogunung Petunjuk Adanya Peradaban Hindu di Masa Lalu



GROBOGANTODAY.COM- Temuan arca di kawasan hutan Dusun Segorogunung, Desa Nglinduk, Kecamatan Gabus, Grobogan, Jawa Tengah menjadi sebuah petunjuk tentang adanya kehidupan masyarakat  Hindu di tempat tersebut di masa lampau. Demikian diungkapkan Deny Wahju Hidayat, Aggota tim Balai Pelestarian Cagar Budaya(BPCB) Jawa Tengah saat berkunjung ke lokasi temuan, jumat(11/9/2020)


“Fragmen arca kemungkinan dewi durga. Terus  ada arca nandi serta dewa siwa. Ini sebagai petunjuk adanya banyak penganut  Hindu di wilayah ini dahulu kala,” ungkapnya.


Deny menjelaskan, BPCB  akan melakukan pembahasan lebih lanjut  tentang temuan benda bersejarah tersebut dengan tim arkeolog lainnya untuk mengetahui lebih detail temuan tersebut. 


“Tahun berapa peradaban ini kita belum tahu. Akan kami bahas dengan  tim arkeolog untuk menentukan tindakan selanjutnya. Kita harus tahu landscapenya seperti apa, sehingga tahu untuk aktivitas apa. Untuk langkah pertama saat ini adalah pengamanan barang  temuan,” katanya.


Deny menambahkan, arca temuan di Segorogunung berbahan batu putih yang mudah aus. Ia berjanji akan membantu pihak desa untuk merawat benda bersejara tersebut agar tidak rusak.


“Bahan arca erasal dari daerah sekitar. Barang-barang ini harus disimpan disini dengan baik. Untuk teknisnya akan kami bantu.  Ini sebagai warisan anak cucu kita nanti. Sehingga kita wajib menjaganya,” ujarnya.(re) 

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a comment

Iklan Tengah Post