-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Longsor, Warga Berharap Dinas Terkait Segera Bertindak

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Longsor, Warga Berharap Dinas Terkait Segera Bertindak


GROBOGANTODAY - Satu rumah di bantaran sungai Jajar, Dusun Jajar, Desa Sumberjosari, Kecamatan Karangrayung nyaris roboh akibat longsor. Selain  mengakibatkan rusaknya rumah warga, longsor juga mengakibatkan tanah  pekarangan milik warga tergerus dan larut ke sungai. Apalagi musim penghujan, semakin mengancam.


"Sejak dilakukan normalisasi sungai, kalau banjir pasti longsor tanahnya. Apalagi saat ini tidak ada pohon penahan di pinggir sungai," ungkap Muntini(31), warga RT 8 RW 3.


Ia mengeluhkan rumpun bambu yang selama ini menjadi penahan malah dikeruk saat normalisasi sungai. Hal ini mengakibatkan tanah retak dan ambrol saat curah hujan tinggi. 


"Habis normalisasi, pertama belakang rumah dan samping rumah yang longsor. Belum mengenai bangunan rumah. Pondasi belakang rumah juga sudah ikut longsor," ungkapnya. 


Berdasarkan pantauan di lapangan, longsor sudah memakan rumah bagian belakang yang dijadikan kandang. Agar tidak roboh, pemilik rumah sengaja membongkar bagian rumah tersebut. Selain itu, retakan tanah  sudah sampai tepi rumah, memanjang dari pinggir sungai. Begitu juga dengan lantai rumah, sudah mengalami penurunan tanah. "Kalau sungainya besar takut. Rumahnya ikut goyang-goyang," ungkap Muntini. 


Ia berharap, dinas terkait segera melakukan tindakan perbaikan agar longsor tidak semakin parah. "Batunya sudah datang, tapi belum ada pengerjaan," ujarnya. 

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a comment

Iklan Tengah Post