-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Vaksinasi PMK di Grobogan Dimulai, 5.000 Dosis Disiapkan

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Vaksinasi PMK di Grobogan Dimulai, 5.000 Dosis Disiapkan

Vaksinasi PMK di Desa Warukaranganyar, Kecamatan Purwodadi. 

GROBOGANTODAY  - Dinas Perternakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan menyiapkan 5.000 dosis vaksin PMK untuk melakukan vaksinasi PMK terhadap hewan ternak di daerahnya. Vaksinasi PMK akan dimulai hari Selasa(28/6/2022) hingga Jumat(1/7/2022) di 20 desa tersebar di 10 kecamatan.


“Alhamdulillah kita telah mendapatkan jatah 5.000 dosis vaksin PMK. Vaksinasi PMK kita mulai hari ini,” jelas Kepala Dinas Perternakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan, Riyanto.


Dalam kegiatan vaksinasi pertama ini, pihaknya melibatkan sebanyak 40 vaksinator yang akan disebar ke 20 desa. Mereka harus keliling desa, dari pintu ke pintu. 


"20 bertugas sebagai penyuntik vaksin, sedangkan 20 lainnya bertugas sebagai pencatat. Setiap desa kita terjunkan 4 petugas dan ditargetkan setiap desanya selesai dalam 2 hari. Target kita 4 hari selesai," jelasnya. 


Sementara itu, hingga akhir Juni, kasus penyebaran PMK di Grobogan masih terus bertambah. Berdasarkan data dari Dinas Peternakan dan Perikanan, sudah ada 1400 ekor sapi positif terpapar PMK.


“Penyebaran PMK di Grobogan masih terus bertambah. Ada sekitar 1400-an ekor sapi yang tersebar di 19 kecamatan positif terpapar PMK," kata dia.


Meski penyebarannya terus bertambah, namun untuk angka kesembuhan hewan ternak yang terpapar PMK juga cukup banyak, yakni 406. Sedangkan untuk angka kematian hingga saat  ini ditemukan 6 ekor sapi.


“Angka kesembuhan alhamdulillah sudah mulai banyak. Mudah-mudahan ini pertanda baik. Sedangkan untuk angka kematian hewan ternak sapai saat ini masih sangat kecil, baru 6 ekor kita temukan mati dan 2 ekor disembelih. Untuk itu, saya menghimbau kepada para peternak untuk tidak panik menghadapi wabah PMK ini, pasti bisa disembuhkan,” pungkasnya. 

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post