-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Tak Ada Jembatan, Warga di Grobogan Ini Menyeberang Sungai Serang dengan Perahu

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Tak Ada Jembatan, Warga di Grobogan Ini Menyeberang Sungai Serang dengan Perahu

Warga naik perahu untuk mempercepat perjalanan. 

GROBOGANTODAY - Perahu menjadi sarana transportasi untuk mempermudah warga menyeberangi Sungai Serang di Desa Cingkrong, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Jika debit air tinggi, warga diliputi rasa was-was. 


Sarana transportasi tradisional ini masih dibutuhkan akibat tidak adanya akses jembatan untuk mempersingkat waktu perjalanan. Jika tidak menyeberang sungai, warga harus memutar cukup jauh. Warga berharap pemerintah segera membangun jembatan untuk penyeberangan.


Jika dulunya perahu ini hanya mengangkut orang, kini perahu yang digunakan juga bisa dipakai untuk mengangkut sepeda motor.


Kades Cingkrong, Jasmi menjelaskan, walaupun ada jalur alternatif lain, namun warga harus memutar dengan jarak lebih jauh. Jalur yang saat ini dilalui warga saat ini merupakan akses utama warga. 


“Jalan ini merupakan akses utama warga. Tak hanya warga desa kami, tetapi dari desa lain banyak yang menggunakan penyeberangan perahu ini,” jelasnya.


Jasmi mengatakan, ada dua RT yang berada di seberang sungai yang merupakan wilayah desanya. Total ada sekitar 150 KK. 


"Misalnya mengurus surat ke desa, warga Dusun Tegalgiling harus menyeberang sungai dengan perahu. Kalau lewat Candisari atau Penawangan cukup jauh muternya," ungkapnya. 


Menurutnya, pihak desa telah mengajukan bantuan ke pemerintah kabupaten bahkan ke pemprov Jateng dan pemerintah pusat. 


“Kami sudah berusaha yang terbaik untuk warga. Akses tersebut merupakan jalur utama warga. Sempat mau dapat bantuan, tetapi ternyata dialihkan ke yang lain,” ungkapnya.


Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post