-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Kesiapsiagaan Hadapi Musim Penghujan, 150 Ansor Banser Ikuti Diklatsus Tanggap Bencana

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Kesiapsiagaan Hadapi Musim Penghujan, 150 Ansor Banser Ikuti Diklatsus Tanggap Bencana

Kepala BPBD Grobogan Endang Sulistiyoningsih menyematkan tanda peserta
Diklatsus. 


GROBOGANTODAY — Untuk kesiapsiagaan menghadapi musim penghujan, sebanyak 150 anggota Ansor Banser dari 14 Pimpinan Cabang mengikuti acara Diklat Pelatihan Khusus (Diklatsus) Tanggap Bencana di Kabupaten Grobogan. Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, Jumat sampai Minggu (28-30/10) di embun bening Waduk Kedung Ombo, Kecamatan Geyer.



"Diklatsus merupakan intruksi dari PP GP Ansor dan PW GP Ansor Jawa Tengah untuk kesiapsiagaan menghadapi musim penghujan datang. Dengan pembekalan ini, Banser diharapkan hadir di tengah masyarakat untuk menghadapi bencana," ungkap Ketua PC Ansor Grobogan Harsono, Jumat (28/10).


Pelatihan tersebut diikuti 14 Kabupaten yakni Kabupaten Grobogan, Suraktara, Cirebon, Jogyakarta, Semarang, Sragen, Lumajang Demak, Boyolali, Banyumas, Karanganyar, Pacitan, Pati, Sukoharjo dan Kudus.


 ”Pelatihan dari penanggulangan bencana dari BPBD Grobogan, PW Ansor Jateng dan Kasatkornas Banser. Kegiatan ini merupakan sinergitas antara PC Ansor dan Pemkab Grobogan,” ujarnya. 


Ali Anwar mewakili dari PC NU Grobogan menyatakan, adanya diklatsus Bagana bisa membantu dalam menambah Sumber Daya Manusia (SDM) di PC NU Grobogan untuk penanggulangan bencana di Kabupaten Grobogan. Selama ini anggota Ansor Banser sangat membantu dalam jalannya organisasi PC NU Grobogan dan penanggulangan bencana di daerah. 


”Kegiatan sangat membantu dalam membantu penanggulangan bencana di kabupaten Grobogan. Sebab, saat terjadi bencana membutuhkan banyak relawan,” terang dia. 


Asisten Dua setda Grobogan Mokhamad mengatakan, penambahan tenaga relawan Bagana ini sangat membantu dalam mitigasi bencana. Yaitu membantu memetakan bencana lebih awal. Dimana saat ini ada mitigasi bisa diketahui dengan berbasis komunitas.


”Ini sangat membantu pemerintah. Bahwasanya penanganan bencana bukan hanya tugas pemerintah saja, tetapi melibatkan swasta, ormas dan lain sebagainya,” terang dia. 


Pembukaan Diklatsus tersebut dihadiri Kepala BPBD Grobogan Endang Sulistiyoningsih, Kasatkorcab Banser Grobogan Khoirudin, dan Habib Abdullah dari PW Ansor Jawa Tengah. 

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post