-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Jelang Imlek, Warga Tionghoa di Purwodadi Bersih-bersih Klenteng Hok An Bio

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Jelang Imlek, Warga Tionghoa di Purwodadi Bersih-bersih Klenteng Hok An Bio

Salah seorang warga tionghoa sedang membersihkan patung di klenteng Hok An Bio Purwodadi. 


GROBOGANTODAY - Jelang Imlek, warga Tionghoa di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan membersihkan Klenteng Hok An Bio di  Jalan Brigjen Katamso, Purwodadi. 


Selain itu, sejumlah patung Dewa dan Dewi mulai dimandikan. Seluruh bangunan klenteng pun dibersihkan dan dicat agar tampak lebih indah.


"Menjelang tahun baru imlek yang jatuh 22 Januari, kita bersih-bersih patung, altar dan klenteng. Sehingga saat perayaan dalam keadaan bersih. Selama satu tahun ini telah digunakan, jika dibersihkan akan lebih baik," ujar  Budi Wiguno, Ketua Yayasan Tri Darma di sela-sela kegiatan membersihkan     klenteng Hok An Bio, Purwodadi, Senin(16/1/2023). 


Budi mengatakan jika tradisi di Klenteng Hok An Bio untuk memandikan patung Dewa Dewi dibagi dalam dua tahap pembersihan. Pelaksanaan pembersihan patung  ini dilakukan setiap satu tahun sekali menjelang Hari raya Imlek.


"Di klenteng ini ada puluhan patung Dewa-Dewi yang dimandikan. Proses memandikan ada dua tahap. Yaitu, pertama dibersihkan dari debu, kemudian dengan sabun dan air bunga," ungkapnya.


Ia menambahkan, tanggal 22 Januari nanti akan ada pertunjukan barongsai keliling Purwodadi.


"Start  dari klenteng diantar ke simpang lima. Kemudian akan berjalan sampai klenteng dengan melakukan pertunjukan," katanya. 

 

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post