Buah Surga dari Purwodadi ini Tembus Pasar Ekspor



GROBOGAN - Buah  tin yang mengandung banyak manfaat dikenal sebagai tanaman yang tumbuh di Timur Tengah, namun ternyata dapat tumbuh dengan baik di Kecamatan Purwodadi,Kabupaten Grobogan. Budidaya buah tin terbilang memiliki potensi bisnis yang menjanjikan karena termasuk dapat dikembangkan di pekarangan rumah.Seperti yang dilakukan oleh Irfan Trio Rosadi(41),   ia mengaku, sudah fokus membudidayakan tananam penuh manfaat ini selama enam tahun terakhir  mengunakan media pot bunga atau pollyback dan bis beton.

Pohon yang juga di sebut dalam Al Quran ini dapat berbuah dengan baik dan mempunyai harga jual yang sangat fantastik. Bagaimana tidak, satu pohon tin ini harganya dari Rp 100 ribu hingga puluhan juta Rupiah,sungguh harga yang fantastik untuk ukuran tumbuhan yang tumbuh di halaman rumah.“Pohon ini mampu memberikan penghasilan tersendiri bagi pemiliknya, karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya, dengan memanfaatkan daun tin sebagai bahan minuman sejenis teh, yakni sebagai obat juga,” kata pria kelahiran Bondowoso,Jawa Timur ini.

Ia saat ini mempunyai lebih dari 500 pohon tin, dengan 258 varietas,sebagain telah laku dijual, sedangkan untuk pengembangbiakannya, ia menggunakan sistem cangkok,tempel dan stek.Namun Rio lebih memilih melakukan pengembangbiakan dengan cangkok, menurutnya sistem tersebut lebih cepat dan efektif, dibandingkan dengan proses pembenihan yang memakan waktu.

Selama ini, Rio  bekerja sebagai pedagang di sebuah lahan yang dibelinya di sekitar perumda Purwodadi,, ia memasarkan pohon tin melalui melalui internet.Dia mengaku,pemasaran bibit tin tidak hanya di dalam negeri saja,namun  mencapai luar negeri,seperti Malaysia,Brunei,Srilanka."Permintaan bibit sangat banyak,baik dari dalam maupun luar negeri.Malaysia menjadi negara dengan permintaan terbanyak," jelasnya.
Ia mengaku dulunya mendapatkan pohon tersebut dari Spanyol,dan pohon tersebut dimanfaatkan sendiri. Setelah mengetahui berbagai manfaat dan potensi keuntungan yang diperoleh dari buah tin, ia memutuskan mengembangkan pohon tersebut.

Menurut pengakuan Rio,merawat pohon tin tidaklah sulit dan hampir sama dengan dengan tumbuhan lainnya, hanya membutuhkan pemupukan secara berkala satu minggu sekali dan mendapatkan air yang cukup untuk mendapatkan buah tin yang maksimal.Saat ini ,Rio menggunakan kompos daun minyak kayu putih untuk media tanam." Kompos minyak kayu putih setelah ditreatment sangat cocok untuk media tanam," jelasnya.

“Cara menyeduh daun buah tin layaknya seperti membuat teh, dan buah yang masak matang dapat dikonsumsi langsung, sedangkan yang kering dapat direbus dan rebusannya diseduh. Buah tin dipadukan dengan minyak zaitun untuk mendapatkan hasil terbaik,” kata Rio.
Rio mengaku,saat ini dirinya bisa memperoleh omset bersih per bulannya sebesar 50 juta Rupiah."Kalau pendapatan kotor bisa mencapai 100 juta Rupiah," imbuhnya.

Untuk memperluas jaringan,saat ini di Purwodadi dibentuk paguyuban petani buah tin.Dimana jika permintaan bibit,buah maupun daun melonjak,petani lain bisa mensuplai permintaan tersebut." Saat ini permintaan bibit,buah maupun daun sangat tinggi,disini kita bisa tukar ilmu dan mengkoordinasi penjualan," jelas Rio.

Berikut adalah manfaat kegunaan dari daun dan buah tin.1. Mengontrol tekanan darah tinggi dan jantung.2. Memperlancar ASI untuk ibu menyusui.3. Mengandung serat tinggi.4. Mengurangi sesak nafas.5. Mengontrol kadar gula darah.6. Sebagai pelancar buang hajat besar.7. Penahan sakit dan unsur perkumuhan air seni (diueritik).8. Tidak mengandung garam, lemak dan kolestrol.9. Mengandung kalium, serat dan zat besi tinggi.10. Mencegah kanker usus besar.11. Mengandung anti oksidan.12. Pengencer dahak.13. Memperlambat proses penyerapan glukosa di usus kecil.14. Membersihkan hati dan limpa.15. Mengatasi masalah berat badan.16. Terapi untuk penderita diabetes(ire)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel