Warga Kluwan Adakan Kirab Santri Peringati Maulid Nabi


GROBOGAN - Kegiatan kirab santri dalam rangka Maulid Nabi yang diadakan oleh warga desa Kluwan, Kecamatan Penawangan,Kabupaten Grobogan berlangsung cukup meriah. Selain untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW,kegiatan ini juga sebagai haul K.H. M.Manshur yang ke 62 dan para masyayikh Desa Kluwan.
Tradisi kirab maulid tahun ini  lebih meriah dibanding  tahun lalu, antusias warga yang menonton cukup membludak. Tradisi kirab ini selain diikut para santri,juga diikuti oleh tokoh masyarakat dan tokoh agama di desa tersebut.

Dengan berjalan kaki sejauh 3 kilometer, para santri ini menunjukkan keuletan dan skill bermain drumband di sepanjang jalan, serta sekitar 300 sepeda hias mengikuti pawai ini. Sebagian warga juga ada yang berpakaian ala sesepuh warga di desa tersebut.

Kegiatan kirab santri merupakan tradisi tahunan yang ada di Desa Kluwan, Kecamatan Penawangan yang bertepatan dengan momentum bulan Maulid Nabi.

Kirab santri ini juga dikawal oleh pihak Banser, agar masyarakat yang ikut serta dalam kirab santri ini, bisa tertib dan berjalan dengan lancar.  “Selain Kirab santri, sebelumnya juga diadakan berbagai macam perlombaan, yaitu Qiroah,Lomba sholawatan dan Adzan,” jelasny Muqorobin, pembina IRMA masjid Al Huda, Kluwan.


Untuk semakin menyemarakkan kirab santri, para peserta sepeda hias yang didominasi anak-anak usia TK dan SD diberi alat tulis sebagai motivasi ikut kirab santri. “Selain itu juga ada doorprisenya juga. Alhamdulillah jumlah pesertanya membludak,” terang Muqorobin.


Salsa, siswa kelas 4 SD yang ikut pawai santri mengungkapkan bahagia bisa ikut pawai santri. “Tahun kemarin juga ikut. Kali ini yang ikut tambah banyak,karena ada hadiahnya jadi tambah semangat,” ungkapnya.


Kades Kluwan Suyadi secara langsung melepas peserta kirab santri di depan masjid Al Huda Kluwan. Dalam sambutannya, Suyadi berharap, dengan peringatan maulid Nabi, sosok Nabi Muhammad bisa menjadi Suri tauladan bagi generasi muda sekarang.” Kita berharap, diadakannya kirab santri, agar masyarakat desa lebih guyub, rukun, dan lebih bersosial dengan sesama warga,” tuturnya.


Rangkaian kegiatan tradisi kirab santri ini ditutup dengan pengajian akbar di masjid Al Huda, Desa Kluwan.(ire)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel