Longsor Jembatan di Jalan Purwodadi-Kuwu Membahayakan


GROBOGAN – Para pengguna jalan yang melintasi jalan Purwodadi-Kuwu harus ekstra hati-hati. Pasalnya akibat  gerusan air membuat sebuah jembatan di Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan nyaris roboh dan rawan kecelakaan jika tidak segera ditangani. Jembatan yang terletak di jalan utama Purwodadi –Kuwu ini longsor dibagian barat jembatan hingga nyaris memakan badan jalan.

Para pengendara yang melintasi jembatan harus mengurangi laju kendaraannya jika tidak ingin terjatuh. Selain jalan bergelombang, lobang menganga akibat longsor di sebelah utara jalan menembus sungai dengan kedalaman kurang lebih 8 meter. “Kalau gak pernah lewat sini pasti kaget, jalannya sangat bergelombang,” jelas Sukarmin(45), warga Jetak,Pulokulon.

Tidak hanya jalan dan jembatan yang mengkhawatirkan, lampu penerangan jalan umum pun belum dipasang. Makanya jika malam hari sangat mengkhawatirkan. “Jangan sampai yang terjadi 2 bulan lalu kembali terjadi lagi, seorang pengendara sepeda motor asal Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan meninggal karena mengalami kecelakaan di lokasi ini," kenang Sukarmin.

Masyarakat setempat berharap kerusakan jembatan segera diperbaiki lantaran merupakan akses utama warga Kecamatan Pulokulon jika hendak ke kota Kabupaten. “Jangan sampai kerusakannya tambah parah lagi. Takutnya keburu roboh baru ditangani. Sisi bagian timur juga sudah longsor,” tutur Sukarmin.



Ali Fatah (36) menambahkan, longsor yang terjadi di sisi barat jembatan terjadi sekitar seminggu yang lalu, saat hujan deras mengguyur Kecamatan Pulokulon dan sekitarnya. “Pihak terkait harus segera mengantisipasi supaya longsor tidak menjadi-jadi dan jembatan tetap aman untuk dilintasi,” harapnya.


  • Kades Pulokulon, Kandar,saat dihubungi Grobogan Today menyatakan bahwa jembatan tersebut terletak diperbatasan Desa Sembungharjo dan Desa pulokulon yang saat ini dipimpinnya. “Jembatan tersebut merupakan jembatan di jalur utama, sehingga sangat perlu untuk segerea diperbaiki. Kami akan segera melaporkannya ke dinas terkait agar segera tertangani,” terangnya.(IYA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel