UNBK,Sekolah Pinjam Laptop Siswa


GROBOGAN- Ujian Negara yang sebentar lagi akan tiba, membuat sejumlah siswa dan sekolah sibuk. Salahsatunya Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Grobogan. Keterbatasan sarana terutama komputer, menjadi penyebab kesibukan sekolah tersebut bertambah."Untuk siswa sebanyak 120 kami hanya punya 20 perangkat kompeter (PC). Karenanya kami harus kerja ektra menjadi tambahan komputer," ungkap Endang Susilowati, Kepala Sekolah SMP N 1 Grobogan, saat ditemui di ruang kerjanya Senin (13/2).

Endang menjelaskan, pencarian solusi salahsatunya dilakukan dengan mengumpulkan perwakilan orang tua siswa yang mayoritas berprofesi sebagai petani.
"Orang tua kita ajak bicara, dari hasil diskusi kita dapat kesepakatan pinjam laptop milik siswa. Hal itu menjadi kesepakatan antara sekolah dan orang tua. Itupun belum mencukupi. Setelah diseleksi spesifikasi PC milik siswa hanya kita dapatkan 40 laptop yang bisa digunakan yang lain tidak mampu," ungkap Endang didampingi Guru Bahasa Indonesia. Sudiyanti.

Karena kebutuhan 120 komputer baru tersedia 60 unit, maka pihak sekolah harus melakukan terobosan lain.
"Kita putuskan dengan bergabung dengan sekolah lain. Dan SMA N 1 Grobogan menjadi pilihan kami. Akhirnya tercukupi 120 perangkat komputer," ungkapnya.

Pilihan bergabung ke SMA N 1 Grobogan, selain jarak yang dekat diharapkan menjadikan motivasi tersendiri bagi siswa untuk menghadapi UNBK."Tentu pinjam Laptop bukan tanpa konsekuensi sesuai yang disyaratkan. Anak-anak harus mengosongkan perangkat mereka dulu, diinstal ulang baru boleh digunakan. Itupun, anak tidak bisa gunakan laptop milik mereka sendiri selama tiga hari karena harus dikarantina sebelum UNBK berlangsung," tambahnya sembari menambahkan untuk memperlancar pelaksanaan UNKB siswa sudah beberapa kali diikutkan trayout UNBK.

Terkait kesiapan mengikuti UNBK, Devlin siswa kelas 9-II SMP N I Grobogan mengaku siap mengikuti UN baik UNBK maupun UN biasa.
"Doakan biar kami nantinya lancar ngerjakan UN. Ini juga lagi belajar persiapan UN," ungkapnya.(lek)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel