Kartinian Diwarnai Lomba Estafet Tampah



GROBOGAN- Peringati Hari Kartini, kantor Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Grobogan, dipenuhi wanita, Kamis (20/4).Wanita baik anak-anak, remaja maupun dewasa datang dari sejumlah desa di Kabupaten Grobogan, sengaja datang untuk meramaikan peringatan hari emansipasi wanita tersebut."Kita sengaja datang ke kantor Bupati untuk ikut bazar dan pameran olahan makanan dengan bahan lokal," ungkap Dewi, pelaku usaha kecim menengah dibidang makanan kecil tersebut.

Pameran yang diikuti 30 stan yakni perwakilan kecamatan dan dinas, digelar di parkir kantor Sekda Kabupaten Grobogan.Tidak saja ibu-ibu, puluhan siswa sekolah dasarpun memenuhi Pendopo kantor Kabupaten. Dimana, siswa diajak mensosilisasikan kegemaran makan ikan oleh PKK dan Dinas Peternakan dan Perikanan serta Dinas Ketahanan Pangan Daerah (DKPD).

Di lapangan, ratusan pegawai negeri sipil (PNS) berpakaian kebayak juga dengan tegap mengikuti upacara bendera yang dipimpin Bupati Grobogn Sri Sumarni.
"Hari Kartini momen bagi kita untuk tidak sekedar mengenang. Tapi juga bisa ambil hikmat dari nilai dan perjuangan Raden Ajeng Krtini yang patut diteladani," ungkap Bupati.


Ra Kartini merupakan simbol perjuangan perempuan untuk bisa sebanding dengan laki-laki. "Beliau sosok yang maju kuat dan pantang menyerah. Beliau tidak hanya perhatikan pada keluarga, tapi juga mencakup masalah yang lebih luas yakni pendidikan, politik, hukum dan ekonomi."RA Kartani telah banyak menglahirkan perubahan dari segala aspek yang diperjuangkan," tambahnya.

Ada satu perlombaan yang cukup mendapat perhatian dan diiringi gelak tawa, estafet tampah. Para ibu-ibu harus meletakkan tampah diatas kepalanya sambil berlari estafet. “Seru banget acaranya,” jelas Yunan, pegawai Dinas Perikanan dan peternakan yang mengikuti lomba. (iya)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel