Setujui LKPJ, Dewan Beri Masukan Bupati


GROBOGAN- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Grobogan, setujui Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Grobogan tahun anggaran 2016. Keputusan, diambil dalam rapat paripurna pengambilan keputusan dewan terhadap rekomendasi DPRD atas LKPj Tahun 2016, Selasa (25/4) malam. Dewan juga memeberikan beberapa masukan untuk meningkatkan kinerja pemerintahan mendatang.

Dalam rapat paripurna ke 8 tahun 2017 masa sidang ke I yang dipimpin Ketua DPRD Agus Siswanto, menjelaskan, pengambilan keputusan yang disiarkan secara langsung melalui radio dihadiri sebanyak 34 anggota dewan, Bupati Sri Sumarni,  kepala dinas dan perwakilan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).“Pembahasan LKPj hasil pembahasan Pansus II DPRD, menjadi perwujudan sistim pemerintahan yang harmonis dan seimbang antara DPRD dan eksekutif dalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan,” ungkap Ketua DPRD Agus Siswanto saat membuka sidang.

Abdul Fatah, Juru bicara Pansus II DPRD menjelaskan, pemerintah kabupaten diminta lebih meningkatkan penyerapan anggaran pendapatan asli daerah yang saat ini dinilai masih dibawah target.  Optimalisasi pendapatan PAD, dapat dilakukan dengan mengoptimalkan pendapatan dari sektor tempat hiburan yang belum optimal. “Saat ini Kabupaten Grobogan sangat tergantung dengan pemerintah pusat walaupun saat ini sudah otonomi daerah. PAD harus dimaksimalkan,” jelasnya.

Penyerapan alokasi anggaran yang kecil di Kabupaten Grobogan sangat disayangkan oleh Pansus II. Pasalnya, penyerapan di tahun 2016 juga masih cukup kecil sehingga menyisakan anggaran yang cukup besar.“Silpa diharapkan dapat dialihkan untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang saat ini masih butuh perhatian pemerintah. Banyak sekali jalan kabupaten yang butuh perhatian,” tambahnya.

Dibidang olahraga, pemerintah juga harus harus lebih memperhatikan perbaikan beberapa lapangan sepak bola yang bisa mendukung lapangan utama di stadion Krida Bhakti, Purwodadi . Namun, perhatian juga perlu dilakukan di kecamatan pinggiran baik di wilayah timur Kabupaten Grobogan maupun diwilayah barat.“Kondisi stadion Kuripan dan lapangan Penawangan saat ini jauh dari layak. Dan perbaikan ini diharapkan bisa menaikkan animo olah raga masyarakat Grobogan,” tuturnya.

Pansus berharap, penegakan beberapa perda perlu dilakukan untuk mencapai Grobogan hebat. “Saat ini penegakan perda masih minim. Perlu tindakan nyata untuk mencapai visi misi bupati,” tuturnya. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel