-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Nenek Ini Tak Dapat Beras Rastra

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Nenek Ini Tak Dapat Beras Rastra




GROBOGAN - Program beras untuk keluarga sejahtera (Rastra) merupakan salah satu program penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial di bidang pangan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat, berupa bantuan beras bersubsidi kepada rumah tangga berpendapatan rendah (rumah tangga miskin dan rentan miskin).
Program tersebut bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran rumah tangga sasaran dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras. Rumah tangga yang berhak menerima Rastra atau juga disebut Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) adalah rumah tangga yang terdapat dalam data yang diterbitkan dari Basis Data Terpadu, hasil Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan disahkan oleh Kemenko Kesra RI.
Dalam hal ini, pelaksanaan di lapangan jauh berbeda dengan harapan pemerintah, justru orang yang sudah hidup mampu dan berkecukupanpun masih mendapatkan rastra, sedangkan orang miskin ada yang terlewatkan tidak mendapat jatah Rastra. Hal ini terjadi di beberapa tempat, seperti kasus yang menimpa Mbah Ginah(70) warga Depok Timur RT 10 RW 03 Desa Depok, Kecamatan Toroh. Janda miskin ini yang memang tidak punya apa-apa, malah tidak mendapatkan beras rastra. Sedangkan warga lain yang hidupnya berkecukupan mendapatkannya. “Masak saya yang memang orang miskin gak dapat,” tuturnya.
Ginah yang setiap harinya tinggal bersama keponakannya tidak memiliki penghasilan dan menggantungkan hidup kepada keponakannya tersebut. “Masak seorang janda miskin tidak mendapatkan beras rastra maupun PKH. Saya malah kasihan melihatnya,” jelas Ina, tetangga Mbah Ginah.
Menurut Ina, berkaitan dengan  adanya penyaluran program rastra yang belum tepat sasaran di desanya . Dia berharap diadakan evaluasi kembali data yang ada, berharap akurasi data.  “ Saya berharap dilakukan evaluasi data guna pengakuratan data yang ada. Diharapkan semua pihak terkait dan tim pendistribusi Rastra, dapat benar-benar melaksanakan dengan baik dan tepat sasaran,”ungkapnya. (iya)

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

1 comment

  1. https://youtu.be/4KIOeMMNuXY

    Silahkan gan Kalau mau datang....

    ReplyDelete

Post a Comment

Iklan Tengah Post