Paket 3 In 1 Permudah Hak Sipil Bayi


GROBOGAN – Bayi yang baru lahir di Grobogan saat ini sudah bisa langsung memiliki Akta Kelahiran, Kartu Keluaga dan Kartu Identitas Anak (KIA). Program yang diluncurkan sejak November lalu oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Grobogan ini diharapkan bisa membantu mempermudah pengurusan identitas bagi bayi yang baru lahir. Program paket hemat 3 in 1 (Akta Kelahiran, Kartu Keluaga dan Kartu Identitas Anak (KIA) berlaku pada setiap bayi lahir di rumah sakit (RS) di Kabupaten Gobogan.

Ka Dispencukcapil Grobogan Moch Susilo menjelaskan, syarat untuk mengikuti program tersebut cukup mudah. Orang tua  bayi  harus  mengumpulkan persyaratan seperti KK dan KTP orang tua, surat keterangan kelahiran, serta surat nikah. “Tak ketinggalan, orang tua juga harus sudah menyediakan nama pada anaknya tersebut,” jelasnya.

Program permudahan layanan kesehatan ini baru diberlakukan di empat RS dan dua rumah bersalin (RB) di Kabupaten Grobogan. Yakni di RS R Soedjati, RS Panti Rahayu Yakkum, RS Islam, serta RB Herowati dan RB Luki Farma. “Untuk yang lain akan menyusul. Program ini bertujuan agar masyarakat mendapatkan kemudahan dan  bayi yang baru lahir terlindungi hak sipilnya. Bayi juga langsung segera mendapatkan identitas kewarganegaraan dan nama. Sebab, banyaknya orang tua yang malas hingga menunda untuk mengurus setelah bayi lahir,” jelasnya.

Dengan adanya pragram ini, sampai saat ini Dipendukcapil telah menerbitkan sebanyak 200 akta lebih di RSUD. Sedangkan jumlah keseluruhan paket hemat 3 in 1 yang sudah diserahkan kepada pasien yang melahirkan sudah sebanyak 482 paket.  “Ke depan juga akan mengajak seluruh puskesmas. Saat ini baru ada pelatihan admin di masing-masing puskesmas,” ungkapnya.(iya)p

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel