SMP Negeri 2 Penawangan:Sewa Genset untuk Perlancar UNBK


GROBOGAN – Untuk memperlancar   pelaksanaan  UNBK(Ujian Nasional Berbasis Komputer), guru dan wali murid di SMP Negeri 2 Penawangan rela iuran untuk membayar sewa genset. Hal ini untuk mengantisipasi  saluran listrik di sekolah tersebut yang  sering padam.Demikian diungkapkan Agus Prasetyo, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Penawangan saat ditemui di kantornya, Rabu(3/5).
Menurut Agus, dalam pelaksanaan UNBK yang baru pertama kali diselenggarakan di sekolahnya ini pihaknya harus membayar sewa  genset sebesar satu juta per hari. Saat ini pihaknya dalam setiap pelaksanaan UNBK menggunakan sumber listrik dari genset untuk perangkat komputer yang dipakai untuk ujian.”Alhamdulillah para guru dan orang tua murid dengan kerelaan hati iuran untuk menutup sewa genset tersebut,” jelasnya.
Agus menambahkan, jika sampai listrik padam saat UNBK berlangsung  maka akan berdampak psikologis terhadap peserta UNBK. “Saya tidak akan membiarkan UNBK ini terganggu, maka kami menyewa genset,” jelasnya.
Selain  seringnya terjadi pemadaman listrik, besarnya voltase listrik PLN yang tidak sesuai dengan kebutuhan perangkat komputer. Pihaknya khawatir perangkat komputer yang dipakai untuk UNBK cepat rusak. “Perangkat komputer harus menggunakan tenaga listrik sebesar 220 Volt, sedangkan listrik milik PLN hanya mampu mengeluarkan 180  volt saja,” tuturnya.
Dalam pelaksanaan UNBK yang berlangsung 4 hari, pihak sekolah menggunakan listrik yang bersumber dari genset. Sedangkan listrik dari PLN sementara waktu dimatikan. “NCB kami  segel dan diberi peringatan agar tidak dinyalakan,” tambah Agus yang baru menjabat  Kepsek selama 2 bulan ini.
Santi,salah seorang siswa yang mengikuti UNBK merasa sangat tenang karena pihak sekolah telah menyediakan genset yang menjamin lancarnya pelaksanaan UNBK. “Hari kedua ini saya sangat siap mengikuti UNBK. Selain belajar, saya juga rajin berdoa dan sholat malam agar mendapat hasil yang maksimal,” tuturnya sebelum masuk ruang UNBK.
Dalam pelaksanaan UNBK ini dibagi 3 sesi yang terbagi dalam 2 ruangan. “Jumlah siswa yang ikut UNBK sebanyak 181 siswa. Gelombang pertama sebanyak 61 siswa, gelombang 2 sebanyak 60 siswa,” pungkas Kepsek.(iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel