Warga Akhirnya Kembali ke Rumah


GROBOGAN – Warga terdampak miringnya menara Saluran Udara Tegangan Tinggi(SUTT) milik PLN di Desa Mojoagung, Kecamatan Karangrayung yang mengungsi karena takut roboh menimpa rumah mereka, kini sudah kembali ke rumah masing-masing. Warga berani menempati rumah mereka lantaran sudah mendapatkan jaminan dari pihak PLN.

Sejak Minggu(7/5) warga mulai kembali ke rumah mereka.  Mereka sudah bisa beraktifitas seperti biasanya dan menempati rumah mereka dengan tenang. “Sejak Minggu kemarin saya langsung kembali ke rumah. Saya berani ke rumah sejak menaranya sudah diberi pengaman oleh para pekerja PLN,” jelas Suwarto(59), warga Mojoagung yang rumahnya ikut terdampak.

Suwarto menambahkan jika saat ini semua tetangganya yang kemarin mengungsi sudah kembali ke rumahnya. Dia mengaku, kemarin mengungsi di rumah familinya yang masih satu desa. “Beberapa warga ada juga yang ngungsi ke rumah kerabat diluar desa,” jelasnya.

Marminah, warga lainnya juga mengaku bahwa dirinya sekeluarga sudah tenang sejak PLN sudah melakukan perkuatan terhadap menara SUTT. “Kalau sudah ada jaminan begini, kami sudah bisa tidur nyenyak,” tuturnya.

Saat ini pihak PLN sudah melakukan perkuatan terhadap menara yang salah satu kakinya patah, sehingga mengakibatkan menara miring. Untuk sementara waktu kabel akan dipindahkan ke menara baru yang  saat ini sedang dikerjakan oleh para pekerja. Menara baru  ini letaknya bersebelahan dengan menara lama. “Saat ini warga sudah bisa menempati rumahnya. Untuk pengerjaan menara sementara sudah mencapai 30 persen,” jelas Asisten Manager Pemeliharaan Aset APP Semarang, Ignatius Yunias.

Ignatius menambahkan, pendirian menara baru ini akan dipergunakan untuk sementara waktu. Nantinya akan dibangunkan menara yang lebih besar dan lebih tinggi lagi. “Untuk menara sementara ini tingginya 46 meter.  Kabel dari menara lama akan kita pindahkan ke menara baru,” tambahnya. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel