Kelabui Petugas, Pencuri Kayu Diamankan


KEDUNGJATI Sebagai wilayah yang masuk kawasan pegunungan kendeng,  memiliki banyak lahan yang dikelola Perhutani, potensi pencurian kayu pun terbilang besar.Baru-baru ini, tiga pelaku pencurian kayu di kawasan hutan RPH Gedangan berhasil diamankan polhutmob KPH Semarang. Pelaku yang berusaha mengelabui petugas dengan menutupi kayu hasil tebangan di truk dengan 12 karung arang, rumput dan ketela pohon. Namun upaya pencurian para tersangka berhasil dicium petugas. Mereka tertangkap saat berusaha melintasi pos RPH Panimbo, Minggu(11/6).

Ketiga tersangka yakni Jumirani, warga Dusun Panimbo RT 4 RW 5, Desa Kedungjati, M. Mugi(35)  dan Sumeh Hadi(35), keduanya adalah warga Desa Bengkle, Kecamatan Wonosegoro, Boyolali. Ketiga tersangka mengangkut kayu menggunakan truk dengan nomor polisi AD 1473 ND. “Saat ini ketiga tersangka telah kita amankan di tahanan mapolsek Kedungjati,” jelas Kapolsek Kedungjati, AKP Sapto.

Kapolsek mengatakan sebanyak 7 batang kayu mahoni, 17 batang kayu jati dan sebuah truk engkel berhasil diamankan petugas. “Pelaku ini menebang kayu jenis mahoni dan jati di kawasan hutan jati RPH Centong petak 217 RPH Gedangan, BKPH Padas,” kata dia, Senin (12/6).
Sapto menuturkan aksi pencurian diketahui  petugas Tim gabungan BKPH(Bagian Kesatuan Pemangku Hutan) Padas dan Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Semarang yang sedang melaksanakan patroli gabungan. Saat itu, tiga pelaku sedang mengangkut kayu hasil tebangannya.  “Tiga pelaku saat ini masih menjalani pemeriksaan di Polsek  Kedungjati,” kata dia.
Terpisah, Rudi Hartono, Wakil Adm KPH Semarang menuturkan, harus ada komunikasi yang baik antar pihak untuk menekan ilegal logging. “Kekompakan harus terbangun dari dalam untuk usaha tersebut.  Patroli gabungan antar RPH merupakan salah satu usaha yang telah kita lakukan,” ujarnya. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel