Perbaiki Sendiri Jalan yang Rusak


PENAWANGAN- Rusaknya jalan kabupaten di Desa Tunggu, Kecamatan Penawangan sudah berlangsung belasan tahun. Namun sampai saat ini belum pernah mendapatkan sentuhan dari pemkab Grobogan. Pihak desa terpaksa melakukan perbaikan sendiri, agar warga tidak  kesulitan jika melintasi jalan tersebut. Demikian diungkapkan Kades Tunggu,Syahid, saat dihubungi di kantornya, Selasa(13/6). “Dari sekitar 2 kilometer jalan kabupaten yang melintasi desa kami, baru sekitar 300 meter yang sudah dibeton,” tuturnya.
Menurutnya, jalan yang merupakan jalur utama kecamatan Penawangan menuju kecamatan Karangrayung telah mengalami kerusakan cukup parah sehingga cukup membahayakan pengguna jalan yang melintas. Jalan berbatu  dengan lubang yang cukup dalam cukup mempersulit jika kendaraan roda empat melintas.“Ini baru saja kita tutup lubang-lubangnya dengan batu,” jelasnya.
Ia menuturkan, warga lebih memilih jalan memutar jika hendak ke kota. Walaupun jaraknya lebih jauh sekitar 25 kilometer, warga lebih senang karena jalannya jauh lebih baik. “Dari pada lewat jalan yang rusak, pastinya badan terasa sakit semua dan membutuhkan waktu jauh lebih lama. Di samping itu, parahnya kerusakan jalan juga menimbulkan kerusakan pada kendaraan yang dikendarai,” jelasnya.
Syahid menambahkan, dalam penetapan anggaran APBD di ruas 39 Bendungan-Mangin mendapatkan dana 245 juta, namun malah dipindahkan ke ruas Pawon-Juragan. “Dari info yang saya peroleh dari UPTD PUPR Penawangan, titik yang dibangun malah dipindahkan,” tuturnya.
Ia berharap, akses jalan di desanya segera mendapatkan perhatian dari dinas terkait. Sehingga roda perekonomian di wilayahnya bisa berjalan dengan lancar. “Ini merupakan jalur utama di desa kami. Semoga tahun depan akses jalan ini segera diperbaiki,” harapnya. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel