Siswa SMA N 1 Kradenan Sulap Limbah Jadi Barang Mewah


PURWODADI,Grobogantoday.com- SMA Negeri 1 Kradenan tampilkan kerajinan berbahan baku limbah.  Kerajinan ini dibuat oleh para siswanya dalam Expo Ekonomi Grobogan Kreatif  2017. Dengan bahan yang tidak terpakai di sekitarnya, mereka sulap menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis.  Hal ini berkat ilmu yang mereka raih dalam pelajaran kewirausahaan dan seni budaya yang mereka peroleh di sekolahan.

Berbagai kerajinan mulai dari batik tulis, jam hias hingga tas dari limbah terpampang di stand milik SMA Negeri 1 Kradenan. Di ruangan berukuran 3 kali 3 meter ini hasil kebolehan siswa dalam memanfaatkan barang bekas dipertontonkan kepada pengunjung Expo Ekonomi Grobogan Kreatif di Alun-alun Purwodadi. Beberapa pengunjung merasa takjub dengan hasil karya mereka. Salah satunya Ferdian, menurutnya barang yang tidak terpakai bisa menjadi karya yang memiliki nilai ekonomis tinggi. “Kalau pembinaan terhadap mereka ini terus berjalan, mendatang mereka akan bisa menghasilkan dan menghasilkan terus. Bukan tak mungkin akan membuat hasil karya produk khas Kabupaten Grobogan,” ujarnya.

Fitria, siswi kelas XII yang bertugas menjaga stan menjelaskan, sejak kelas X ia mendapatkan pelajaran kewirausahaan dan seni budaya yang menuntun para siswa untuk menghasilkan kerajinan tersebut. “Kita itu diajari membatik, bikin batik carnival, melukis, mengukir dan membuat berbagai kerajinan dari bahan keras,” ucapnya.

Fitria menambahkan, saat mendapatkan tugas untuk membuat kerajinan, ia hanya browsing di internet tentang jenis kerajinan yang akan dibuat dan cara pembuatannya. “Jika ada kesulitan, guru akan membimbing kita hingga paham,” jelasnya.


Selain bertugas membuat kerajunan, mereka juga harus memasarkan produknya tersebut. “Kalau bagus biasanya teman pada pesan, kadang juga guru, tetangga juga. Harganya juga murah kok,” pungkasnya. (RE)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel