Longsor, Tiga Rumah di Pulokulon Terancam Roboh


Pulokulon, Grobogantoday.com- Di tengah bahaya longsor yang mengancam, warga tetap bertahan di rumahnya. Hal ini dilakukan lantaran mereka hanya memiliki tanah yang mereka tinggali saat ini. Sebanyak tiga rumah di bantaran Sungai Lusi Dusun Pelem, Desa Pulokulon, Kecamatan Pulokulon, Grobogan tergerus longsor. Warga terpaksa menyangga rumahnya dengan bambu supaya tidak roboh.

Longsor yang menggerus ketiga rumah tersebut sudah terjadi sejak tiga bulan lalu. Namun, longsor semakin parah setelah Sungai Lusi meluap, pekan lalu. Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Grobogan membuat Sungai Lusi meluap. Luapan sungai lusi tersebut mengikis bantaran sungai. Tiga rumah yang kebetulan berdiri di bantaran sungai ikut terdampak. “Akhir-akhir ini kan hujan terus, sehingga Kali Lusi  meluap. Luapannya terus mengikis bantaran sungai,” jelas Rusdi, pemilik rumah.

Rusdi menambahkan, saat ini, bagian belakang rumahnya sudah hilang karena longsor. Bagian tengah rumah yang saat ini menjadi bagian belakang,  juga sudah mulai rusak terkikis. “Bagian rumah yang belakang sudah hilang, ini yang paling belakang dulunya bagian tengah,” ungkapnya.

Pemilik rumah berupaya menyelamatkan rumahnya dengan cara menyangga bambu supaya tidak roboh. Tidak ada pilihan lain selain memasang bambu sebagai penyangga rumah mereka tidak mungkin pindah rumah, karena mereka tidak memiliki tanah lain. “Bagaimana mau pindah, ini tanah satu-satunya milik saya,” katanya. 


Namun, upaya tersebut hanya bersifat sementara. Jika sungai kembali meluap, rumah mereka akan kembali terkikis luapan sungai. Sejauh ini belum ada bantuan dari pemerintah. Warga berharap mereka bisa mendapat bantuan, supaya longsor tidak semakin memperparah kerusakan. “Belum pernah ada bantuan atau upaya pemerintah untuk menanganinya. Kami harap, pemerintah segera mengambil tindakan agar longsor tidak semakin parah,” ungkap Sumardi, pemilik rumah yang lain. (RE)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel