Penyandang Disabilitas di Grobogan Cabuti Paku di Pohon, Ada Apa?


PURWODADI, Grobogantoday.com- Banyaknya pohon yang tertancap paku, membuat keprihatinan penyandang disabilitas  di Kabupaten Grobogan. Biasanya, pohon tersebut dimanfaatkan  pelaku bisnis yang nakal  untuk memasang poster pemasaran produk mereka. Tidak saja dianggap menjadi perusak dan menyakiti pohon namun papan iklan yang dipasang gratis oleh sejumlah perusahaan ini juga merusak pemandangan. “Kami berusaha membersihkan paku yang tertancap di pohon-pohon di sepanjang Jalan Gajahmada. Ini untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional,” ungkap Sunar pendamping difabel di Kabupaten Grobogan, disela mencabut paku yang menamcap di sejumlah pohon.

Tidak harus punya tangan lengkap, namun dengan kekurangan yang ada mereka tetap semangat mencabut paku yang ‘menyakiti’ pohon. “Kegiatan membersihkan lingkungan dengan cara mencabut paku, menjadi bagian dari kegiatan sosial ikut menjaga dan merawat lingkungan,” ungkapnya.

Bukan hal memalukan, bagi Sadi, pria yang kedua tangannya tidak tumbuh dengan sempurna pun dengan tetap gembira terlibat dalam mencabut paku. Dengan cara ujung linggir dikempit ketiak sedang tangan yang lain menjadi penopang sisi lain dari paku, pria tersebut pun mampu mencabut paku yang ada. “Ini pakunya dikumpulkan dimana,” teriaknya usai mencabut salah satu paku dari pohon.

Pencabutan paku, menjadi bagian dari kegiatan hari disabilitas internasional atau nternational day of person with disabilitie tingkat kabupaten Grobogan. Tidak banyak, namun hampir seluruh penyandang disabilitas baik karena sakit polio, kecelakakan atau karena sakit lainnya.


Kegiatan, Retno Munirah, Kasi Rehabiltasi, Dinas Sosial Kabupaten Grobogan, menjelaskan, peringatan hari disabilitas dengan melakukan pencabutan paku menjadi bagian dari kegiatan positif yang dilakukan penyandang disabilitas. “Kegiatan menjaga lingkungan yang dilakukan menunjukkan kepedulian dan keterlibatan penyandang disabilitas dalam mejaga lingkungan,” ungkapnya. (RE)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel