Pembangunan Jembatan Lusi, Belasan Rumah Akan Mendapat Ganti Untung



GROBOGAN, Grobogantoday.com- Terkait rencana pembangunan jembatan Sungai Lusi, belasan rumah di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Purwodadi dan Desa Getasrejo, Kecamatan Grobogan akan mendapatkan ganti untung. Demikian diungkapkan Barkah, Kepala BPT Bina Marga Jawa Tengah Wilayah Purwodadi saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis(3/5/2018). “Saat ini, tanah yang dibebaskan merupakan hak milik pribadi. Ada belasan bidang tanah yang akan dibebaskan di sisi utara dan selatan Sungai Lusi,” ungkapnya.

Pembebasan tanah biasanya akan menemui kesulitan dan memerlukan waktu lama. Mengantisipasi hal tersebut, menurut Barkah, pembangunan fisik akan diundur pada tahun 2020. “Untuk pembebasan  yang di sisi sebelah utara  sudah deal.  Memang dari pengalaman, pembebasan tanah sulit. Jadi akan memakan waktu cukup lama,” ucapnya.

Saat ini, DED(Detail Engenering Desain) jembatan ini telah siap. Namun jika ada pihak yang keberatan  dan  ada kesulitan dalam proses pembebasan, maka DED bisa berubah. “Memang saat ini DED sudah ada. Jika pembebasan tidak clear, maka DED bisa diubah dengan bantuan konsultan yang ada,” katanya.

Barkah menjelaskan, untuk pembangunan fisik jembatan, pihaknya telah mengusulkan dana sebesar  Rp 22 Milyar, menggunakan kontruksi beton. Sedangkan untuk ukuran jembatan, tidak jauh berbeda dengan jembatan lama. “Lebarnya sekitar 7 meter. Rencananya kendaraan dari Selatan akan menggunakan jembatan baru di sisi barat. Sedangkan kendaraan dari utara akan melewati jembatan lama di sisi sebelah timur,” tambahnya. (RE)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel