Gudeg Mbak Tum Jadi Buruan Pecinta Kuliner Saat Berkunjung ke Grobogan



PURWODADI, Grobogantoday.com, Walaupun jauh dari  tempat asalnya, yakni Jogjakarta, namun gudeg yang satu ini patut dijadikan salah satu referensi kuliner saat anda berkunjung ke Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. WARUNG GUDEG MBAK TUM yang beralamatkan di jalan R. Soeprapto , dekat Lembaga Pemasyarakatan Purwodadi ini menyajikan menyajikan menu gudeg yang cukup lengkap, mulai gudeg ayam goreng, opor ayam, krecek, telur pindang, tahu, telur rebus dan hingga jeroan sapi.   

Buka mulai pukul  14.00 WIB, warung  yang sudah buka selama 12 tahun ini sudah terkenal seantero Grobogan.  Walaupun hanya warung kaki lima, namun warung ini selalu ramai dipadati pengunjung, baik warga Grobogan maupun dari luar kota.  Koyor yang disajikan dengan nasi hangat saat ini paling digandrungi pengunjung.  Yang suka sambal pete, warung ini juga menyajikan.  “Dulu bukanya mulai pagi. Namun saat ini mengikuti peraturan Satpol PP jual agak siang, sekitar jam 14.00 WIB,” ujar Umi(47), pemilik warung.

Umi menjelaskan, pemberian nama Warung Mbak Tum mengambil nama kakaknya yang terlebih dahulu telah membuka warung gudeg di daerah Semarang.  Sebelumnya ia hanya membantu kakaknya jualan saja, yakni pasca melahirkan. “Mbak jualan duluan di Semarang, saya hanya bantu-bantu saja saat mbaknya punya anak kecil. Kemudian saya dibukakan lapak di Semarang, namun setelah bapak meninggal akhirnya pulang kampung untuk menemani ibu,” ujarnya.

Akhirnya ia memutuskan untuk membuka warung di Kota Purwodadi. Walaupun begitu, semua tidak berjalan lancar, di hari pertama dan kedua masih sepi pengunjung. Baru di hari ketiga mulai banyak pengunjung yang datang ke warungnya. “Kebetulan hari ketiga itu bulan puasa, jadi siang malam jarang  ada warung yang buka. Jadi alhamdulillah ramai,” katanya.

Saat ini kerja kerasnya telah membuahkan hasil. Dari empat anaknya, ia bisa menyekolahkan  anaknya hingga ke jenjang kuliah. “Yang penting bisa membahagiakan anak. Dua anak saya saat ini sudah menikah, sedangkan yang dua masih kuliah,” ungkapnya. (PJ)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel