Sweeke Cik Ping, Kuliner Purwodadi yang Melegenda



PURWODADI, Grobogantoday.com- Kuliner yang satu ini merupakan salah satu bukti pengaruh masakan Tionghoa yang masuk ke Indonesia. Menjamurnya warung makan yang menyediakan menu sweeke membuat Purwodadi mendapat julukan “Kota Sweeke”.

Bahan baku kuliner ini, yakni katak hijau yang habitatnya di persawahan. Diolah seperti sup dengan perpaduan bumbu khas dari Tionghoa dan lokal membuat kuliner ini digandrungi oleh pecintanya. Salah satu rumah makan "Swike Asli Purwodadi" yakni 'Cik Ping' di Jalan Kolonel Sugiono, Kecamatan Purwodadi, Grobogan cukup terkenal dan sering disinggahi tamu dari luar kota.

Sudah lebih satu abad rumah makan “Cik Ping” berdiri. Terhitung sudah 5 generasi berganti sejak berdirinya tahun 1901. Rasanya belum afdol jika ke Purwodadi belum mampir ke rumah makan yang satu ini.  Bahkan, sederet artis kenamaan seperti Robby Sugara, Inul Daratista, Didi Kempot dan petinju Cris John pernah merasakan nikmatnya masakan khas Kabupaten Grobogan ini. Hal ini terlihat dari foto-fotonya yang terpampang di dinding rumah makan.


Generasi pertama perintis sweeke yakni Kong Giring yang berjualan keliling menggunakan pikulan diawal tahun 1900. Menurut Shanty Tjandra Wati  (54) atau akrab disapa Cik Ping, setelah beberapa tahun berkeliling, leluhurnya ini mangkal di tempat yang saat ini berdiri rumah makan miliknya.  Sampai saat ini terhitung sudah ada dua cabang yang dibuka, yakni di Jalan Imam Bonjol, Semarang sejak 1997 dan di Jalan Diponegoro, Yogyakarta.

Menu berbahan dasar paha katak ini dibumbui jahe, bawang putih, garam, lada dan tauco yang ditaburi bawang putih goreng, dan daun seledri. Soal harga, pemilik arung mematok harga sweeke kuah  Rp 22ribu per porsi. Ada pula pepes berisi telur, jeroan dan daging kodok dipatok dengan harga Rp 11ribu per bungkus. Kodok goreng tepung atau mentega, tongseng dan rica-rica Rp 27.500 per porsi. Sedangkan rambak atau kerupuk kulit kodok Rp 4ribu per bungkusnya.

Pengin mencoba? Datang aja ke warungnya di Jalan Kolonel Sugiono Purwodadi.(RE)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel