-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Grobogan Raih Penghargaan dari Menteri Kesehatan

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Grobogan Raih Penghargaan dari Menteri Kesehatan



JAKARTA,Grobogantoday.com- Kabupaten Grobogan menjadi salah satu dari 23 kabupaten/kota di Indonesia  yang  menerima penghargaan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) berkelanjutan dari Menteri Kesehatan. Prof. Dr. dr. Nila Djuwita  Moeloek, SpM di Kantor Kementerian Kesehatan RI Auditorium Siwabessy, Kamis (18/10/20180. Penghargaan  tersebut  diterima Asisten II Ir. H Ahmadi  Widodo. MT mewakili Bupati Grobogan.

Penetapan Kabupaten Grobogan sebagai Kabupaten ODF 100% bebas buang air besar sembarangan (BABS) pertama di provinsi Jawa Tengah menjadi sebuah bukti efektifitas pendekatan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang berhasil mempercepat akses terhadap sanitasi yang layak bagi 439.796 kepala keluarga yang tersebar di 280 desa di Kabupaten Grobogan.

Kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah ini  telah dinyatakan ODF (Open Defecation Free) atau bebas buang air besar sembarangan  sejak  31 Mei 2016  oleh Menteri Kesehatan RI di Desa  Panunggalan, Kecamatan Pulokulon. “Pencapaian prestasi ini tidak lepas dari peran serta pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta,” jelas Ahmadi  Widodo.

Status ODF yang disandang Kabupaten Grobogan, menurut  Ahmadi Widodo  memberikan konsekwensi  untuk lebih baik  di tahun berikutnya. Tidak hanya sekedar akses sanitasi  tetapi bagaimana meningkatkan kualitas jamban sehat semi permanen menjadi jamban sehat permanen.

 “Penganugerahan penghargaan STBM berkelanjutan memberikan semangat  untuk dapat meningkatkan pelaksanaan pilar selanjutnya dalam STBM yaitu cuci tangan pakai sabun, penggunaan air minum/makan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga,” tegasnya. (PJ)

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post