Sat Lantas Polres Grobogan Bentuk Kampung Lalu Lintas



PURWODADI, Grobogantoday.com  – Upaya membangun kesadaran berlalu lintas terus dilakukan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Grobogan. Saat ini, Satlantas tengah membentuk kampung lalu lintas di Perumahan Petragriya Indah Purwodadi. Di perumahan ini, Satlantas menyebar sejumlah spanduk berisi imbauan keselamatan berlalu lintas di beberapa titik. “Lewat program ini, kita ingin membentuk kesadaran berlalu lintas dimulai dari lingkungan terkecil,” kata Kasat Lantas AKP Panji Gedhe Prabawa, Rabu (14/11/2018).

Kampung Lalu Lintas ini dilengkapi taman lalu lintas, safety riding center, dan perpustakaan. Saat memasuki perumahan tersebut, di gapura terpampang papan poster yang membentang di atas yang bertuliskan "Kampung Lalu Lintas". Bahkan beberapa meter setelah gapura terdapat monumen yang terbuat dari sepeda motor bekas kecelakaan dengan bertuliskan Traffic Accident Monument.

Kemudian, di sepanjang jalan perumahan di samping kanan dan kiri terdapat puluhan simbol rambu-rambu lalu lintas. Selain simbol rambu - rambu lalu lintas, juga terdapat puluhan poster imbauan keselamatan berlalu lintas yang terpasang membentang di atas jalan dan di samping kanan kiri jalan.

Bahkan, beberapa fasilitas tambahan lainya, dengan berdirinya posko Kampung Lalu Lintas dan Posko Masyarakat Peduli Lalu Lintas. Selain itu, di sepanjang jalan juga dilengkapi marka garis jalan serta lokasi yang digunakan sebagai tempat latihan pengujian SIM C kendaraan roda dua.

Tim dari Ditlantas Polda Jateng Kompol Hary Ardianro SH SIK MH yang melaksanakan supervisi di Kampung tertib lalulintas mengungkapkan, dengan adanya program Kampung Tertib Lalulintas ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat dalam tertib berlalu lintas di jalan raya dengan baik dan aman."Mudah-mudahan adanya kampung lalu lintas ini bisa meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas," ucap Kompol Harry.

Sementara Kasat Lantas Polres Grobogan, AKP Panji Gede Prabawa menambahkan, berdirinya kampung lalu lintas di perumahan Petragriya juga merupakan usulan dan dukungan dari masyarakat setempat.  "Sangat bersyukur sekali respons positif masyarakat perumahan disini. Bisa dilihat di kampung lalu lintas ini banyak terdapat rambu-rambu lalu lintas, marka jalan, dan beberapa tempat latihan untuk pemohon SIM C," kata AKP Panji.



Pihaknya berharap, adanya kampung lalulintas, warga perumahan petragriya dapat memberikan manfaat lebih. Selain mengedukasi,  untuk meningkatkan pemahaman masyarakat  agar tertib dan patuh berlalu lintas. Sehingga, angka kecelakaan utamanya fatalitas korban kecelakaan lalu lintas bisa dikurangi. AKP Panji menyebut, tak hanya di perumahan ini saja yang telah dijadikan kampung lalu lintas, kampung lainnya juga bisa menyusul. "Nanti di desa atau perumahan lain bisa juga menjadi seperti ini. Kita akan berkoordinasi dengan berbagai pihak dan elemen masyarakat untuk mewujudkan kampung lalu lintas," jelas dia.

Kampung lalu lintas, lanjut dia, juga sebagai wujud program promoter yang ke tujuh yakni, peningkatan kesadaran dan partisipasi masyarakat kepada kamtibmas terutama dalam Kemanan Ketertiban dan Kelancaran Berlalu Lintas (Kamsetltibcarlantas). Banyaknya rambu-rambu lalu lintas yang terpasang di kampung lalu lintas, kata Kasat Lantas, dinilai sangat penting.

"Banyak manfaatnya, untuk mematuhi rambu-rambu di jalan. Jangan sampai kalau tidak lihat rambu-rambu nanti terjadi pelanggaran. Apalagi kan kecelakaan itu biasanya didalui dengan pelanggaran. Kalau kita patuh mudah-mudahan akan selamat sampai tujuan," pungkas dia. (RE)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel