yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Api Suci Waisak Dari Api Abadi Mrapen Dibawa ke Candi Mendut

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Api Suci Waisak Dari Api Abadi Mrapen Dibawa ke Candi Mendut



GODONG,Grobogantoday.com - Menjelang perayaan hari  Waisak yang akan dipusatkan di Candi Borobudur, Magelang, terlebih dahulu dilakukan pengambilan api di api abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jumat (17/5/2019).

Di tempat yang dipercaya sebagai tempat Empu Supo, sang pande besi asal Kerajaan Demak Bintoro, pembuat keris untuk Sunan Kali jaga, ratusan Banthe (Bikhu Sangha), Bhikku, Bhiksu dan Lama menggelar doa di lokasi sumber api yang tidak pernah padam tersebut.

Ritual Puja Bhakti dimulai pukul sepuluh pagi dengan upacara dari majelis seperti Sangha Theravada, Sangha Mahayana, Sangha Tantrayana, Majelis Tri Dharma, Sangha Kasogatan, Majelis Mapanbumi, Sangha Madha Tantri dan Sangha Mahanikaya dari sejumlah Vihara di Jawa Tengah. Ritual dilanjutkan pengambilan  Api Alam di areal sumber api.  “Dari sini, api dibawa ke candi mendut, kemudian berlanjut ke ccandi Borobudur,” jelas Tanto Sugito Harsono, Ketua Panitia.

Daru Wisakti yang  mewakili Bupati Grobogan dalam sambutannya mengatakan bahwa  merupakan suatu kehormatan, salah satu prosesi Waisak dilakukan di api abadi Mrapen yang berada di Kabupaten Grobogan. “Semoga dengan acara ini, semakin dikenal dan banyak dikunjungi wisatawan,” katanya.

Pihaknya juga mengajak seluruh umat Budha untuk merenung dan mawasdiri. Selain itu mengajak untuk ikut membangun dan menjaga tegaknya negara. (RE)

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post