yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Cegah Covid-19 Menyebar, Warga di Grobogan Ini Buat Rumah Singgah Mandiri

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Cegah Covid-19 Menyebar, Warga di Grobogan Ini Buat Rumah Singgah Mandiri


GROBOGANTODAY.COM - Untuk mencegah penyebaran virus covid-19, warga Dusun  Rukem-Banjardowo, Desa Sembungharjo,  Kecamatan Pulokulon menyiapkan rumah singgah bagi warga yang datang mudik. Hal itu dilakukan karena ada sejumlah warga yang kini bekerja di luar daerah.


Asrosi selaku perwakilan pemuda mengungkapkan, adanya sejumlah warga yang bekerja di luar daerah, berpotensi membawa virus covid-19.

"Jika mereka terpaksa harus mudik, maka kita minta untuk karantina mandiri dulu di rumah singgah yang kami disediakan selama 14 hari," ungkapnya.

Rumah singgah ini menempati tiga ruang kelas madrasah diniyah di dusun tersebut.  Walaupun sederhana, namun karang taruna selaku pengelola berusaha semaksimal mungkin agar penghuni rumah singgah merasa betah.

"Untuk makan,  biasanya diantar oleh keluarga ke posko.  Petugas posko yang akan mengantarkan makanan tersebut kepada penghuni rumah singgah. Namun kalau butuh minuman seperti kopi,  susu, teh,  karang taruna menyiapkannya secara gratis," ungkap Asrori.


Asrori menjelaskan, untuk operasional rumah singgah tersebut dilakukan secara mandiri. Mengandalkan uluran tangan warga sekitar dan donatur.

"Untuk memeriksa suhu tubuh penghuni rumah singgah saja,  kami hanya menggunakan termometer biasa.  Namun bidan desa juga melakukan pemeriksaan kesehatan berkala," katanya. 


Saat ini ada 10 penghuni rumah singgah. Sebelumnya ada 2 penghuni yang nekat pulang karena mengaku tidak betah.

"Memang awalnya tidak mau semua. Namun setelah mendapatkan penjelasan bu bidan,  akhirnya mereka mau tinggal disini," katanya.


Pengelola rumah singgah berharap agar ada donatur yang ikut membantu operasional rumah singgah pemudik.

"Kemarin ada bantuan sembako dari donatur langsung kami sampaikan kepada keluarga penghuni rumah singgah, " ujarnya.(RE) 

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

Post a comment

Iklan Tengah Post