-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Pandemi, Peringatan Hari Jadi Grobogan Ke-295 Akan Dilakukan Sederhana

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Pandemi, Peringatan Hari Jadi Grobogan Ke-295 Akan Dilakukan Sederhana

Boyong grobog tahun 2020.
Boyong grobog tahun 2020.

GROBOGANTODAY - Peringatan hari jadi ke 295  Kabupaten Grobogan di tengah pendemi Covid-19 akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hari jadi Kabupaten Grobogan  tahun ini hanya akan digelar secara sederhana saja, yakni prosesi ritualnya saja. Demikian diungkapkan Sekda Grobogan, Moh. Soemarsono, Senin(22/2/2021).


“Tetap ada peringatan, walaupun tak seperti biasanya. Ritualnya tetap kita lakukan, hanya eventnya kita tiadakan, sehingga dilakukan dengan sangat sederhana," jelasnya. 


Beberapa ritual yang masih dilaksanakan yakni ziarah ke makam leluhur, jamas pusaka, boyong grobog serta upacara hari jadi secara virtual. Salah satu prosesi yang paling sakral, yakni  boyong grobog rencananya akan dilakukan dengan sangat sederhana. Jika biasanya bupati mengikuti prosesi dari Kelurahan Grobogan, untuk tahun ini rencananya bupati hanya akan di pendopo kabupaten saja. 


"Nanti bu lurah  dan pak camat, petugas pembawa grobog, tanpa pengombyong, dengan mobil membawa grobog dari Grobogan ke pendopo kabupaten. Di pendopo, grobog akan diterima bupati serta FKPD dan diteruskan selamatan," ujarnya.


Seperti diketahui, perayaan hari jadi Kabupaten Grobogan masuk tanggal 4 Maret. Pemkab Grobogan biasanya menyelenggarakan rentetan acara selama satu bulan penuh.Akan tetapi, karena di masa pandemi akan mengalami perombakan penuh seluruh kegiatan semarak hari jadi Kabupaten Grobogan dengan mengikuti protokol kesehatan.


“Seluruh event untuk memeriahkan hari jadi ditiadakan, " tuturnya. 


Ia berharap, dengan peringatan hari jadi Kabupaten Grobogan ke-295, pandemi segera berakhir. Sehingga masyarakat bisa beraktivitas seperti sedia kala, sosial ekonomi masyarakat agar bangkit kembali.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a comment

Iklan Tengah Post