-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Longsor di Jalan Gubug-Salatiga Makin Parah, Kendaraan Muatan Lebih 5 Ton Dilarang Melintas

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Longsor di Jalan Gubug-Salatiga Makin Parah, Kendaraan Muatan Lebih 5 Ton Dilarang Melintas

Sebuah truk tangki terperosok. 

GROBOGANTODAY -  Kondisi jalan longsor di ruas Jalan Gubug -Salatiga tepatnya di Dusun Kalikonang Desa Ngombak Kecamatan Kedungjati semakin memprihatinkan. Kendaraan barang dan muatan lebih dari lima ton dilarang melintas karena membahayakan. Demikian diungkapkan Sub Koordinator Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Pemprov Jateng Wilayah Purwodadi, Wimas Radit Sumbodo, Kamis(17/3). 


" Kemarin ada truk bermuatan kayu terguling di jalan tersebut. Untuk meminimalisir kejadian yang serupa, kendaraan barang dan bermuatan lebih 5 ton tidak boleh melintas," ungkapnya.


Radit menjelaskan, sebelumnya Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Pemprov Jateng Wilayah Purwodadi sempat memperbaiki longsor tersebut dengan konstruksi dinding pore pile sedalam enam meter. Namun pekerjaan tersebut gagal, jalan mengalami pergeseran dan longsornya semakin meluas.


 " Sebelumnya dianggarkan kerusakan khusus sekitar Rp 250 juta, namun malah longsor makin parah.  Rencananya perbaikan akan dikerjakan oleh tim teknis dari Semarang. Tentunya dengan anggaran yang  cukup besar karena longsor makin meluas. Sehingga penanganan akan semakin rumit,” jelasnya.


Menurut Radit, setelah dilakukan survei penyelidikan tanah di lokasi tersebut,  perbaikan longsor akan dikerjakan menggunakan metode geotekstil.  Yakni tanah yang longsor akan digali, kemudian dipasang sub-drain. Kemudian ditimbun lapis per lapis, lalu dibungkus geotekstil. 


" Hari ini sudah mulai pengerjaan, yakni membongkar beton yang longsor. Akan kita buatkan jalur darurat di sebelah kanan  agar kerusakan serupa di jalur sebelah barat tidak terjadi. Saat ini belum permanen, penanganan permanen akan diusulkan pada 2023 nanti dengan sheet pile,” jelasnya.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post